oleh

11 Calon Anggota DPRPB Jalur Otsus Diserahkan, Tiga Eks Anggota ‘Kembali’

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Panitia Seleksi pengisian calon anggota DPR Papua Barat (DPRPB) melalui mekanisme pengangkatan resmi menyerahkan 11 nama calon anggota dewan (2019-2024) ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Papua Barat, untuk selanjutnya penetapan SK pengangkatan.

Ketua Pansel, Frengki Umpain mengatakan, pansel membutuhkan waktu untuk bekerja menyelesaikan rangkaian seleksi selama lebih kurang 7 bulan.

Pansel ini terdiri atas unsur adat, Frengki Umpain, unsur pemerintahan, Hermus Indouw, unsur pers Kamasan Fainsenem, unsur akademisi, Yusuf Sawaki, dan unsur penegak hukum, Elyana Ganda Nugraha.

Gubernur Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur Mohamad Lakotani pose bersama Pansel Calon Anggota DPRPB jalur pengangkatan. Foto : TRI

“Banyak hambatan yang kami hadapi mulai dari polemik penetapan pansel sendiri sehingga menyebabkan penundaan. Kami juga harus kehilangan ketua pansel mendiang Yohan Warijo, dan diperhadapkan dengan pandemi Covid-19 yang menyebabkan penundaan proses seleksi,” ujar Ketua Pansel, Frengki Umpai saat menyampaikan laporan kinerja pansel, Selasa (7/7/2020).

Adapun Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, nama-nama calon anggota DPRPB jalur pengangkatan hasil  kerja pansel ini akan dilanjutkan ke Mendagri untuk mendapatkan SK.

Dalam kesempatan yang sama, gubernur juga berharap hasil seleksi yang diserahkan oleh panse dapat diterima oleh  seluruh lapisan masyarakat. Karena dalam pelaksanaan seleksi tidak ada intervensi yang dilakukan oleh pihak manapun.

“Tidak ada intervensi gubernur, ditetapkan oleh kelima orang pansel sehingga harus diterima oleh seluruh masayarakat yang ada di Sorong Raya, Kuri Wamesa, dan Manokwari Raya. Saya juga menilai apa yang mereka kerjakan dilakukan dengan jujur dan transparan,”  tegas gubernur sembari mengapresiasi kinerja pansel.

Sedangkan agenda pelantikan anggota DPRPB jalur pengangkatan ke depannya akan menjadi urusan Sekretariat DPRPB. Selain menyerahkan 11 calon DPRPB, juga diserahkan nama-nama calon anggota jalur pengangkatan yang masuk dalam daftar PAW, nama-nama ini akan ditetapkan dengan Peraturan Gubernur Papua Barat.

Lihat juga  BNNP Papua Barat Sambangi TBBM Manokwari
Lampiran 11 nama calon anggota DPR Papua Barat jalur pengangkatan periode 2019-2024. Foto : TRI

Berikut ke-11 nama calon DPRPB jalur pengangkatan yang ditetapkan sesuai dengan Daerah Pengangkatan (Dapeng), serta perengkingan:

Dapeng Sorong Raya:

  1. Agustinus R. Kambuaya asal Kabupaten Maybrat
  2. Barnike Susana Kalami asal Kabupaten Sorong
  3. Barnabas Sedik asal Kabupaten Tambrauw
  4. Cartensz Inigo Orets Melibela asal Kota Sorong
  5. George Karel Dedaida asal Kabupaten Sorong Selatan

Dapeng Kuri Wamesa :

  1. Yan Anthon Yoteni asal Kabupaten Teluk Wondama
  2. Dominggus Adrian Urbon asal Kabupaten Teluk Bintuni
  3. Mudasir Bogra asal Kabupaten Kaimana

Dapeng Manokwari Raya :

  1. Maurids Saiba asal Kabupaten Pegunungan Arfak
  2. Sergius Rumsayor asal Kabupaten Manokwari
  3. Yurthinus Mandacan Kabupaten Pegunungan Arfak.

Dari 11 nama yang ditetapkan sebagai calon anggota DPRPB jalur pengangkatan 2019-2024 sedikitnya terdapat 3 orang atau nama lama yang masuk kembali, yakni Yan Anton Yoteni, Maurids Saiba, dan Yurthinus Mandacan.

Selanjutnya, kesebelas calon dewan yang lolos dituntut kooperatif melakukan komunikasi dengan Biro Pemerintahan Setda provinsi Papua Barat untuk melengkapi persyaratan. Sebab waktu  untuk melengkapi berkas hanya diberikan selama 7 hari. (TRI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed