Acuan Pelaksanaan Perpres 17 Tahun 2019 Segera Dibuat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Workshop Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 17 tahun 2019, yang melibatkan kementerian dan pengusaha asli Papua akan dilaksanakan di Papua Barat.

Workshop ini merujuk perintah Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo. Hal ini dilakukan agar lahir dasar pelaksanaan Perpres yang dapat memberdayakan pengusaha asli Papua.

Bappeda Papua Barat
Ilustrasi Prespres Nomor 17 Tahun 2019. Foto : Istimewa

Sekretaris Panitia Workshop, Jack Wanggai mengatakan, sesuai dengan arahan Wamen PUPR tersebut, kepanitian telah dibentuk dan akan melibatkan seluruh kementerian yang ada di daerah dalam pelaksanaannya.

“Waktu komunikasi kami dengan bapak Wamen PUPR Wetipo, beliau menyarankan untuk seluruh pengusaha baik pengusaha asli Papua ataupun non Papua yang berinvestasi di Papua, serta berbagai pihak yang memiliki kepentingan

Untuk menghasilkan kesepakatan bersama terkait dasar pelaksanaan Perpres 17 serta Perdasus terkait pengusaha asli Papua,” ujar Jack Wanggai, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, selama ini berjalannya Perpres 17 tahun 2019 masih sering mengalami kendala, baik pembagian yang tidak merata ataupun pekerjaan bernilai di bawah satu miliar rupiah yang tidak dilaksanakan oleh pengusaha asli Papua.

“Kita inginkan agar ada acuan yang dibuat dalam bentuk Perdasus ataupun Pergub yang nantinya digunakan oleh seluruh pimpinan OPD dan kementerian dalam melaksanakan lelang pekerjaan di wilayah Papua Barat,” lanjut Wanggai.

Meski dalam persiapan pelaksanaan workshop sempat terkendala akibat Covid-19, Wanggai mengaku segera akan diagendakan kembali sambil menunggu kehidupan normal baru benar-benar dilaksanakan untuk Papua Barat.

“Dalam persiapannya memang terganggu karena Covid-19 melanda nusantara, setelah nanti pemerintah resmi membuka kehidupan normal baru. Sehingga kami dapat berkoordinasi lagi dengan bapak wamen PUPR di Jakarta,” pungkas dia.

Rencana ini juga mendapat supor penuh dari 30 organisasi yang menaungi pengusaha asli Papua di Papua Barat. (TRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *