oleh

Gustu Covid-19 Papua Barat Sediakan Ratusan Rapid Tes bagi Elemen Masyarakat di Manokwari

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Provinsi Papua Barat akan melakukan pemeriksaan rapid tes bagi elemen masyarakat, yang terdiri atas tokoh agama, adat, pekerja sosial, dan advokat.

Pemeriksaan rapid tes ini dijadwalkan digelar di RSU provinsi Papua Barat, Jumat (17/7/2020). Gustu menyediakan sekira 100 an alat rapid tes. Semua proses pemeriksaan ini dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Sesuai dengan rencana kerja dari gugus tugas divisi kemitraan, kita mengumpulkan pemuka agama, pekerja sosial, advokad, serta penggiat radio, untuk melaksanakan rapid tes,” kata Ketua Harian Gustu Covid-19, Derek Ampnir, Kamis (16/7/2020).

Sebelum melaksanakan pemeriksaan rapid tes ini, Ampnir mengatakan, telah menginventarisir para pihak tersebut dalam rangka sinkronisasi data.

Ia mengatakan, para elemen masyarakat ini dilakukan rapid tes sekaligus diharapkan mereka menjadi sarana edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang apa yang sudah dikerjakan oleh gugus tugas sampai saat ini.

“Pemeriksaan ini kita lakukan di masa transisi adaptasi kebiasaan baru. Pelayanan ini gratis, karena layanan di RSU itu diarahkan untuk itu. Untuk masyarakat kita terutama pemuka agama, pemimpin agama, dan elemen lainnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Ampnir mengatakan, provinsi Papua Barat saat ini berada di masa transisi adaptasi kebiasaan baru, dimana status tanggap darurat telah berhakhir pada 14 Juli lalu. Dengan demikian, di masa ini akan dilakukan kajian kembali soal tata kelola penanganan Covid-19 di provinsi Papua Barat.

“Apa yang kurang kita lakukan penilaian kembali sekaligus juga membiasakan masyarakat hidup di masa adaptasi kebiasaan baru, bagaimana hidup membiasakan diri menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak. Ini yang kita lakukan di fase ini,” tutur Ampnir.

Lihat juga  Milad ke-104, Aisyiyah Papua Barat Anjangsana ke Lapas Manokwari

Ampnir menambahkan, dalam menuju masa adaptasi kebiasaan baru, pemerintah provinsi Papua Barat melalui gustu mulai menggelar berbagai persiapan yang lebih instens dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di daerah ini. (ARI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed