Kodam Kasuari siap dukung Ekspedisi Timur Nusantara Mapala UI di Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Kodam XVII Kasuari siap mendukung pelaksanaan kegiatan Ekspedisi Timur Nusantara Mahasiswa Pencinta Alam (mapala) Universitas Indonesia (UI), di Wilayah Provinsi Papua Barat.

“Selaku Pangdam XVIII Kasuari, tentunya mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh mapala UI. Ke depannya akan kami koordinasikan juga dengan pemda setempat dalam rangka mendukung kegiatan tersebut,” kata Pangdam Kasuari, Mayjend TNI Gabriel Lema, S.Sos.

Kesiapan Kodam tersebut diungkapkan langsung oleh Pangdam saat menerima perwakilan Mapala UI saat menggelar audiensi terkait pelaksanaan Ekspedisi Timur Nusantara yang berlangsung di Makodam, Sabtu (17/6/2023). Dalam audiensi itu, pangdam didampingi sejumlah pejabat utama kodam.

Baca juga : Origenes Wonggor Desak Eksplorasi Kandungan Emas di Pegunungan Arfak

“Kami juga akan menyertakan prajurit yang ada di jajaran untuk melaksanakan pendampingan serta membantu selama dalam pelaksanaan kegiatan,” ungkap pangdam.

Ekspedisi Timur Indonesia akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Adapun tujuan dari Ekspendisi Timur Indonesia menginventarisasi potensi pariwisata di Papua Barat, kontribusi untuk peningkatan kualitas SDM, dan terpenting adalah menumbuhkan dan mempertebal rasa cinta tanah air.

Perwakilan Mapala UI, Muhammad Salahudin Yahya mengatakan, ekspedisi di wilayah Papua Barat akan dilaksanakan di Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kaimana.

Kegiatan yang direncanakan, lanjut Salahudin Yahya, yaitu membuka potensi angkasa Pegunungan Arfak dengan kegiatan paralayang, penjelajahan dan pemanjatan tebing Emansiri. Dalam rangka membuka potensi wisata minat khusus, serta penjelajahan gua untuk membuka dan menginventarisasi mulut-mulut gua yang ada di wilayah Papua Barat.

“Kami juga akan mendokumentasikan keindahan alam dan budaya di wilayah Papua Barat sekaligus kampanye petualangan netral karbon. Kami juga akan mengemas kegiatan berupa Bhakti Papua dengan melaksanakan pengajaran dan pembangunan perpustakaan bagi anak-anak,” ucapnya.

Lihat juga  Koordinasi Terhenti, Jadwal Pengumuman CPNS Masih Belum Pasti

Baca juga :Wonggor dorong produksi sayuran Pegunungan Arfak sokong kebutuhan Tangguh LNG

Melalui audiensi ini, Salahudin Yahya berharap dapat berkolaborasi dengan Kodam XVIII Kasuari. Dengan pelibatan personel dalam kegiatan Ekspedisi Timur Nusantara.

“Kami juga berharap adanya dungan transportasi dan akomodasi kegiatan selama berada di wilayah teritorial Kodam XVIII Kasuari,” tutupnya. (*/PK-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *