Beranda Papua Barat PLTMG MPP Manokwari 20 MW Beroperasi Juli, PLN: Pasokan Listrik Akan Aman

PLTMG MPP Manokwari 20 MW Beroperasi Juli, PLN: Pasokan Listrik Akan Aman

69
0
PLTMG MPP Manokwari
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melakukan pengecoran tiang utama PLTMG MPP Manokwari 20 MW di Kampung Andai, Distrik Manokwari Selatan. Foto : MR3

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Proses pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Mobile Power Plan (PLTMG – MPP) Manokwari berkapasitas 20 megawatt (MW) di Kampung Andai, Distrik Manokwari Selatan, ditargetkan rampung dan sudah beroperasi pada Juli mendatang.

Hal itu dikatakan Executive vise President Construction Regional Maluku Papua PT PLN Persero, Robert Aprianto Purba di sela kegiatan pengecoran tiang utama PLTMG MPP yang dilakukan oleh gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Selasa (12/2/2019).

“Ketersediaan listrik di Kabupaten Manokwari mencapai 29 MW. Dimana beban puncak hanya 25 MW masih memiliki cadangan 3 MW. Dengan tambahan 20 megawatt pada Juli nanti, dipastikan pasokan listrik di Manokwari dan sekitarnya bisa aman,” kata Robert Purba.

Pembangunan PLTMG MPP Manokwari adalah wujud Program Indonesia Terang 2020 dalam rangka mendukung peningkatan rasio elektrifikasi di Papua Barat yang masih cukup rendah.

“Kami sadari PLN tidak bisa melakukan pembangunan ini sendiri tanpa dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Papua Barat,” kata dia.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengajak semua pihak terkait dan masyarakat untuk ikut mendukung pembangunan PLTMG di Manokwari.

“Pemerintah pusat memberikan perhatian ke kita di bagian timur khususnya di Papua Barat melalui Program Indonesia Terang 2020 dengan menghadirkan PLTMG. Patut kita dukung bersama program ini,” kata gubernur.

Gubernur menambahkan, pembangunan PLTMG serupa dengan kapasitas 50 MW telah dilaksanakan di Kabupaten Sorong. “Diharapkan pembangunan yang sama dapat dilakukan di kabupaten lainnya di wilayah Papua Barat,” tutup Dominggus Mandacan. (MR3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here