Raker Bupati/Wali Kota se-Papua Barat Akan Bahas Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

MANOKWARI, PAPUAKITA.comRapat Kerja (Raker) Bupati dan Wali Kota se-Papua Barat beragenda penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, ini rencana akan dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. Raker dijadwalkan berlangsung 4-5 November 2020 di Manokwari.

Dalam agenda tersebut dijadwalkan turut hadir berama Mendagri, yakni Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional yang adalah Kepala BNPB, Doni Monardo, dan perwakilan Sekretariat Negara (Setneg).

“Akan dibahas secara menyeluruh tentang penanganan Covid-19 juga upaya untuk memulihkan ekonomi Papua Barat. Ini dua agenda yang menjadi fokus pada rapat kerja tersebut,” kata Ketua Harian Satgas Covid-19 Papua Barat, Derek Ampnir, Senin (2/11/2020).

Melalui raker tersebut, diharapkan ada perubahan serta perbaikan yang signifikan dalam penanganan Covid-19 di provinsi Papua Barat. Untuk itu, sinergitas penanganan antara Satgas provinsi dan kabupaten dan kota menjadi kata kunci.

Menurut Ampnir, perlu standar yang sama dalam hal penanganan Covid-19 di setiap wilayah dan tingkatan. Itu dimulai dari tenaga dan alat kesehatan, pemberian obat, hingga penanganan, serta pemberian asupan gizi bagi pasien Covid-19.

Derek menyebutkan, setiap daerah harus tetap waspada dengan menerapkan pencegahan dan penanganan yang sama, termasuk daerah yang masih berstatus hijau dan kuning. “Seluruh sumber daya harus ditingkatkan, termasuk puskesmas,”  ujarnya.

Guna pemulihan ekonomi Papua Barat, lanjut Ampnir, perekonomian di seluruh daerah (kabupaten/kota) akan didorong agar tetap tumbuh di tengah pandemi. Untuk itu, akan dilakukan pemetaan masalah dan potensi ekonomi.

“Meskipun di tengah bencana Covid-19, kita dorong supaya perekonomian Papua Barat pada Desember 2020 tetap tumbuh minimal dua angka dari tahun lalu,” tutup Ampnir. (TRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *