oleh

Sekda Nathaniel Mandacan: Serapan APBD 2020 Idealnya Lebih Maksimal

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD tahun 2020 dilakukan lebih awal kepada Pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkup Provinsi Papua Barat, untuk mempercepatan realisasi program dan kegiatan terutama proses lelang pekerjaan melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa.

“Tahun 2020 ini, kita berharap tidak terulang lagi serapan anggaran menurun seperti tahun sebelumnya. Serapan anggaran harus meningkat,” kata Sekda Nathaniel Mandacan, Senin (24/2/2020).

Nataniel Mandacan berharap, serapan APBD di tahun ini idealnya lebih maksimal. Dirinya optimis, serapan APBD tahun 2020 naik. Prediksi itu dikarenakan proyek yang nilai pekerjaannya di bawah standard dan melalui sistem penunjukkan langsung (PL) sudah ditayang di LPSE. Bahkan, kontraktor yang menang telah mempersiapkan pekerjaannya.

Sekda mengatakan, sudah melihat langsung pekerjaan penunjukkan langsung (PL) yang akan siap mulai dikerjakan melalui aplikasi LPSE. Meski menjamin serapan anggaran tahun 2020 lebih cepat. Nathanile mengaku, sejumlah OPD belum melanjutkan penyerahan DPA kepada pejabat teknisnya untuk melaksanakan program yang ditetapkan.

“Mungkin pimpinan OPD ada yang sakit jadi belum melanjutkan isi DPA kepada pejabat teknis, kemudian beberapa OPD yang berubah namanya sehingga pimpinan OPD tersebut belum melanjutkan” ujar Sekda.

Nathaniel menambahkan, OPD yang belum melanjutkan penyerahan DPA kepada pejabat atau staf teknis, untuk segera melaksanakan kegiatan proyek dan melaporkan kepada dirinya selaku ketua TPAD (ketua tim anggaran pemerintah daerah).

“Artinya kalau belum diserahkan harus dilaporkan, kemudian disampaikan kepada pejabat dan stafnya bahwa DPA ada ditangan pimpinan OPD itu, stafnya lanjut kerja saja supaya jangan menghambat serapan anggaran” tandasnya.(TRI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed