Beranda Papua Barat Yance Rumbino Terima Kompensasi, Lagu ‘Tanah Papua’ Resmi Milik Pemprov PB

Yance Rumbino Terima Kompensasi, Lagu ‘Tanah Papua’ Resmi Milik Pemprov PB

209
0
Yance Rumbino, pencipta lagu Tanah Papua saata menerima kompensasi yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Foto : TRI

MANOKWARI, PAPUAKITA.comPemerintah Provinsi Papua Barat memberikan kompensasi berupa uang tunai senilai Rp500 juta kepada pencipta lagu Tanah Papua, Yance Rumbino (68).

Kompensasi ini  menandai bahwa hak cipta lagu Tanah Papua berpindah dari Yance, dan resmi menjadi milik pemprov Papua Barat. Ini dibuktikan dengan sertifikat hak cipta yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan Ham melalui Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua Barat.

Yance menerima kompensasi tersebut secara simbolis diserahkan langsung  oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan di sela-sela upacara perayaan HUT Provinsi Papua Barat ke-21, Senin (12/10/2020).

Yance Rumbino, pencipta lagu Tanah Papua saat mendendangkan karyanya di sela-sela perayaan HUT Pemprov PB ke 21. Foto : ARF

Yance tampak menangis haru dalam kesempatan yang berbahagia itu. Sebab, ia harus menunggu hingga 45 tahun lamanya, baru karyanya itu membuahkan hasil yang dapat dinikmati.

“Saya menciptakan lagu Tanah Papua ini saat berumur 21 tahun. Saat berada di daerah ini, menyaksikan langsung bagaimana emas mengalir di sungai. Dan saya meluncurkan lagu Tanah Papua tahun 1985 di usia 32 tahun. Saya sekarang berumur 68 tahun baru bisa merasakan hasil dari lagu yang saya ciptakan,” tutur Yance.

Dalam kesempatan yang sama, Yance mengungkapkan rasa terima kasih kepada Gubernur Dominggus Mandacan dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM provinsi Papua Barat, Anthonius Ayorbaba yang ikut memberikan pendampingan terhadap klaim hasil karyanya.

“Selama 3 bulan didampingi oleh bapak kanwil kementerian hukum dan ham untuk menyelesaikan administrasi kepemilikkan lagu ini sebagai hak intelektual. Puji Tuhan hari ini saya menerima penghargaan dari bapak gubernur,” ujar dia.

Meluapkan kebahagiaan dan rasa syukur, Yance menyempatkan diri untuk menyanyikan lagu Tanah Papua dalam versi bahasa inggris, Indonesia, dan bahasa daerah suku Biak. Sontak saja, suara khas Yance memukai sejumlah pejabat yang mengikuti upacara perayaan HUT pemprov Papua Barat.

Lihat juga  Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi, KPK Nilai Papua Barat Lambat

Diketahui, upaya pemprov Papua Barat mencari tahu soal siapa pemilik resmi atas lagu Tanah Papua telah dilakukan dengan memuat pengumuman di sejumlah media massa (cetak dan elektronik).

Lagu Tanah Papua ciptaan Yance Rumbino mejadi lagu ‘wajib’ yang selalu mengisi acara-acara resmi pemerintahan di daerah ini. (TRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.