Beranda Papua BMKG: Gempa Biak Numfor Tak Berpotensi Tsunami

BMKG: Gempa Biak Numfor Tak Berpotensi Tsunami

597
0
Gempa Biak Numfor
Peta-gempa-tektonik-berkekuatan-49-SR-yang-mengguncang-Kabupaten-Biak-Numfor-Rabu-23-Mei-2018. Foto : BMKG

 

MANOKWARI, Papuakita.com – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5 skala richter mengguncan Kabupaten Biak Numfor, Rabu (23/5/2018) sekira pukul 17.26 WIB atau sekira pukul 19.26 WIT.

Informasi awal yang dihimpun dari BMKG, menyebutkan gempa berkekuatan 5 SR merupakan gempa dangkal. Selanjutnya, dilakukan analisis pemutakhiran dan dihasilkan kekuatan 4,9 SR.

Pusat gempa berada pada koordinat 0,68 LS dan 137,5 BT tepatnya berlokasi di laut pada jarak 184 km arah timur laut Kota Biak Numfor, Papua pada kedalaman 10 km.

Adapun Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengimbau, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

“Di Biak banyak orang merasakan guncangan gempa ini. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Triyono.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di Biak II SIG-BMKG (III MMI).

Kata Triyono, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi akibat aktivitas subduksi Nugini (New Guinea Subduction).

“Hingga pukul 18.02 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” katanya. (RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here