Beranda Parlemen Harianto Imbau Masyarakat Kenali Caleg Sebelum Tentukan Pilihan

Harianto Imbau Masyarakat Kenali Caleg Sebelum Tentukan Pilihan

392
0
Pileg
Ilustrasi Calon Legislatif (Caleg) pemilu 2019. Foto : Istimewa

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Politikus Partai Demokrat, Harianto mengimbau, masyarakat sebelum menentukan pilihannya pada pileg 2019 penting untuk mengenali lebih jauh para caleg.

“Saya selaku anggota dewan dua periode yang tidak maju lagi, hanya mau mengimbau kepada masyarakat kenalilah para caleg yang ikut dalam pencalegan ini, dan pilihlah sesuai hati nurani. Dan para caleg, berjuanglah. Kalau niatannya baik pasti semua akan terlaksana dengan baik,” kata Harianto, Selasa (26/3/2019).

Harianto
Politikus Partai Demokrat, Harianto. Foto : RBM

Mengenal rekam jejak para caleg yang ikut dalam kontestasi politik, adalah suatu hal yang mendasar. Hal itu penting, agar masyarakat tidak salah dalam memberikan mandat kepada wakilnya yang kelak duduk di lembaga politik, mulai dari tingkatan DPRD kabupaten/kota, provinsi, dan DPR RI.

Di sisi lain, lanjut Harianto, penting bagi masyarakat ikut menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019. Selain partisipasi aktif saat pencoblosan suara, masalah kamtibmas harus dijaga.

“Masyarakat tidak usah terprovokasi dengan keadaan. Apapun alasannya, siapapun presidennya dan calegnya, kita ini tetap ini akan menjadi rakyat, bukan menjadi menteri atau lain-lain. Cukup mengikuti hati nurani dan mengikuti aturan yang ada terutama masalah pelanggaran pidana, itu adalah suatu hal yang menyesalkan nanti,” ujar dia.

Di akhir wawancara, Harianto mengungkapkan alasan dirinya memutuskan tidak lagi mencalonkan diri sebagai caleg DPR Papua Barat (DPRPB). Bagi dirinya, mengabdi di DPRPB—terpilih dari daerah pemilihan 1—selama dua periode adalah waktu yang cukup panjang.

“Tetapi saya merasa selaku wakil rakyat belum bisa maksimal membela kepentingan rakyat,” tuturnya.

“Artinya, secara hati nurani kita manusia bisa saja membantu sesama manusia, tidak harus melalui DPR. Mungkin bisa saja mengabdi secara pribadi, organisasi, ataupun yayasan. Karena saya pun usia sudah senja, jadi mungkin pengabdian terakhir yang baik-baik untuk masyarakat,” imbuhnya. (RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here