Barnabas Sedikit terima aspirasi soal pertanian, ekonomi kerakyatan, dan pembangunan dari masyarakat Tambrauw

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Anggota Fraksi Otsus DPRPB Barnabas Sedik menerima sejumlah aspirasi dari masyarakat di Kampung Waiben, Wauw, dan kampung Weyef, Distrik Abun Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya.

Aspirasi dari masyarakat di 3 kampung tersebut berkaitan dengan kebutuhan dasar yang menunjang kehidupan masyarakat.

Misalnya, dibidang pertanian, ekonomi kemasyarakatan dan pembangunan di wilayah kelurahan/kampung perlu  menjadi atensi serius guna memajukan dan mengembangkan kawasan kampung.

“Aspirasi, keluhan dan gagasan dari masyarakat prinsipnya adalah merupakan kebutuhan dasar, sangat diperlukan oleh masyarakat setempat,” kata Sedik Selasa (8/8/2023).

Permasalahan dibidang pertanian, perekonomian kemasyarakatan dan pembangunan kelurahan/kampung, itu disampaikan saat Sedik melaksanakan reses II 2023.

Dengan adanya Reses III ini, keluhan yang di rasakan oleh masyarakat kampung saat ini dapat tertampung, dan sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan kampung.

“Pemerintah daerah perlu menggiatkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan masyarakat atau tinjauan langsung ke lapangan sehingga melalui kegiatan seperti ini, program pertanian dan pembangunan daerah dapat dilaksanakan dan dirasakan oleh masyarakat,” ucap Sedik.

Mekanisme kedewanan

Sedik menegaskan, aspirasi masyarakat yang terserap melalui kegiatan reses akan diusulkan melalui mekanisme kedewanan.

Dengan harapan dapat terwujud melalui perencanaan program-program pemerintah dan menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan baik fisik maupun sosial.

“Aspirasi yang telah disampaikan oleh masyarakat tersebut ditindaklanjuti dengan menyampaikan kepada pihak yang terkait dan selanjutnya dilakukan pengawasan,” tutup Sedik.

Dalam reses, anggota dewan bekerja di luar gedung, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya masing-masing, dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan.

Reses dalam konteks politik memiliki makna kunjungan yang dilakukan DPR/DPRD ke daerah pemilihannya untuk menyerap serta menampung setiap aspirasi masyarakat.

Lihat juga  DPRPB jadwalkan Penetapan unsur pimpinan perwakilan Otsus

Lihat juga : Bertemu BP, DPRPB dan Gubernur bahas soal tenaga kerja asli Papua

Seluruh anggota DPR/DPRD wajib mengunjungi setiap daerah pemilihannya dimana bertujuan untuk dapat menyerap aspirasi masyarakat yang telah memilihnya. (PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *