DPRPB: Peningkatkan IPM  mesti menjadi fokus pembangunan di Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Papua Barat menjadi penting untuk disikapi pemerintah. Sebab, sektor pendidikan dan kesehatan harus mendapatkan perhatian serius. IPM harus menjadi fokus pemberintah.

Wakil Ketua DPR Papua Barat Jongky R. Fonataba mengatakan, pemerintah sekarang lagi fokus terhadap peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Papua Barat terutama di sektor pendidikan dan kesehatan.

“Kami berharap tahun depan pemerintah daerah lebih serius lagi memberikan konsentrasi terhadap sektor pendidikan dan kesehatan,” kata Fonataba, Senin (22/8/2022).

Salah satu upaya yang dapat ditempuh pemerintah adalah penambahan jumlah guru. Itu perlu sebab di beberapa sekolah masih terbatas tenaga guru. Di sisi lain, ia menekankan, penambahan guru harus dibarengi dengan tingkat kesejahteraan serta fasilitas yang layak.

Dengan demikian, pelayanan pendidikan mulai dari tingkat bawah hingga ke perguruan tinggi dapat benar-benar berjalan optimal.

“Perlu didorong juga anggaran yang cukup. Karena kita tahu bahwa, selama ini masih banyak keluhan dari para guru terkait kesejahteraan mereka. Kalau tidak ada perhatian dari pemerintah maka bisa saja, proses belajar mengajar tidak akan berjalan,” ujarnya.

Pemerintah diingatkan, tidak menutup mata dari hal itu. Di beberapa tempat, terutama di tingkat sekolah dasar (SD) ada guru yang harus merangkap untuk mengajar. Di samping itu, masalah kesejahteraan membuat para guru lebih memilih bertugas di perkotaan dibandingkan di daerah.

Menurut Fonataba, tidak hanya persoalan pendidikan, pada bidang kesehatan juga masih terdapat persoalan yang harus dibenahi segera. Terutama, menyangkut dengan data tenaga kesehatan. Perlu ada data tenaga kesehatan yang representatif agar dapat membantu penyelesaian masalah yang dihadapi para tenaga kesehatan.

“Data-data mengenai tenaga kesehatan ini penting sekali karena kita lihat sekarang dibutuhkan, bagaimana kita bicara pendidikan menyiapkan generasi sampai ke jenjang atas kalau tidak ada perhatian dari sisi kesehatannya,” ucapnya.

Lihat juga  Gubernur Dominggus Mandacan: Tugas dan Tanggung Jawab Pjs Dimulai Saat ini

“Di usai kemerdekaan Indonesia ke 77 semoga bisa memulihkan kesejahteraan bagi tenaga guru maupun kesehatan. DPR sangat serius melihat persoalan ini. Karena kita semua berasal dari situ, jangan lupa bahwa kesehatan itu sangat penting untuk menyiapkan generasi mendatang,” tandas Politikus Demokrat ini. (PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *