Beranda Pegunungan Arfak Bupati Yosias Saroy Minta Kehadiran Lapepa Membawa Kontribusi Nyata bagi Pembangunan

Bupati Yosias Saroy Minta Kehadiran Lapepa Membawa Kontribusi Nyata bagi Pembangunan

388
0
Yosias Saroy
Bupati Pegaf, Yosias Saroy secara resmi melantik pengurus Lapepa masa bakti 2018-2023 di Aula Praja Anggi, Kamis (4/10/2010). Foto: PAK/PKT

PEGUNUNGAN ARFAK, Papuakita.com – Kepengurusan Lembaga Perempuan Papua (Lapepa) Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) resmi terbentuk. Bupati Pegaf, Yosias Saroy secara resmi melantik pengurus Lapepa masa bakti 2018-2023. Pelantikan berlanggsung di Aula Praja Anggi, Kamis (4/10/2018).

“Semoga kehadiran Lapepa di kabupaten Pegunungan Arfak membawa kontribusi nyata bagi pembangunan di daerah ini,” ucap bupati.

Bupati Yosias Saroy mengingatkan legalitas lembaga atau organisasi masyarakat adalah hal mendasar. Untuk itu, ia berpesan kepada pengurus Lapepa yang baru dilantik supaya segera mendaftar ke Kesbangpol.
“Sudah banyak organisasi kewanitaan atau yang berbasis budaya kearifan lokal seperti LMA, Dewan Adat Papua, PKK, Dharma Wanita, Ikatan Perempuan Papua, dan Ikatan Perempuan Arfak,” ujarnya.

Menurut bupati, pengurus Lapepa perlu memberi penjelasan soal tupoksi, peraturan dasar dan peraturan rumah tangga, visi dan misinya serta perbedaan organisasinya dengan organisasi lain yang telah lebih awal hadir di Pegaf.

Adapun Ketua Lapepa Provinsi Papua Barat, Adoleina D. Kondologit mengatakan, Lapepa resmi dilantik pada 21 Juni 2014 di Manokwari. Saat itu, proses pelantikan disaksikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. “Organisasi Lapepa ini sebagai wadah aspirasi khususnya untuk perempuan Papua dalam meningkatkan harkat dan martabat perempuan,” kata Adoleina.

Foto bersama usai acara pelantikan. Foto: PAK/PKT

Dengan hadirnya Lapepa di kabupaten Pegaf, lanjut Adoleina, diharapkan perempuan-perempuan Papua di daerah ini dapat lebih mandiri. Misalnya peningkatan partisipasi di bidang wirausaha. Dia berharap ada kerja sama pemerintah daerah dan Lapepa dalam mewujudkan salah satu tujuan tersebut.

“Kaum perempuan khususnya perempuan Papua mempunyai hak yang sama dengan laki-laki. Kita hadapi kekerasan dengan kelembutan. Karena kekerasan tidak bisa dilawan dengan kekerasan juga. Lapepa ini mitra pemerintah bukan musuh,” ujarnya.

Acara pelantikan pengurus Lapepa dihadiri Wakil Ketua DPRD Pegaf, April Indou, Kapolsek Anggi, Ipda Slamet Riyadi, Danramil Anggi, Lettu Inf Katwadi, Ketua Dewan Adat Kabupaten Pegaf, Goliath Menggesuk.

Berikut struktur dan susunan kepengurusan Lapepa Kabupaten Pegunungan Arfak antara lain, Ketua Tabita Dowansiba, Wakil Ketua I Orpa Inyomusi, Wakil Ketua II Margareta Kudiman, Wakil Ketua III Ance Dowansiba.

Selanjutnya, Sekretaris April Indouw, Sekretaris I Noverina Dowansiba, Sekretaris II Apran Indouw, Sekretaris III Yustina Inyomusi, Bendahara Astalia Saiba, Bendahara Umum Nasmila Dowansiba, Wakil Bendahara Weldemina Inyomusi. Dan dilengkapi sejumlah bidang organisasi. (PAK/R1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here