by

Kembangkan Pariwisata, Pemda Pegaf Akan Siapkan Ratusan Hektar Lahan

PEGUNUNGAN ARFAK, PAPUAKITA.com—Guna mengembangkan potensi wisata, Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak membuka diri untuk menjalin kerja sama dengan pihak swasta.

Pembangunan sektor pariwisata yang dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak swasta, diyakini bisa menjadi solusi pembiayaan yang tak sepenuhnya ditanggung swasta ataupun pemerintah daerah.

Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroy mengatakan, pemerintah maupun pihak swasta akan sama-sama diuntungkan melalui konspe kerja sama tersebut.

“Sudah ada beberapa pihak swasta yang siap berinvestasi. Hanya saja masalah kepastian hukum atas kepemilikan lahan masih menjadi kendalanya. Sudah ada investor yang mau bangun hotel tapi status tanah yang menjadi masalahnya. Pengusaha ingin tanah yang sudah memiliki sertifikat,” kata Yosias, Senin (20/1/2020).

Diketahui, saat ini pemerintah Pegaf tengah berupaya membebaskan kurang lebih 198 hektar lahan yang terdiri atas puluhan pemilik ulayat. Ratusan lahan ini selanjutnya nantinya akan digunakan untuk kepentingan pembangunan fasilitas pemerintah dan fasilitas umum.

“Pemda akan segera mengurus sertifikat sebagai aset daerah. Kami akan kembali mengundang pihak swasta setelah status tanah sudah jelas,” ucapnya.

Kabupaten Pegaf merupakan salah satu daerah di wilayah Papua Barat yang memiliki potensi pariwisata yang unggul, khususnya pariwisata pegunungan. Menurut Yosias Saroy, alokasi anggaran untuk pengembangan potensi pariwisata masih minim.

“Pemerintah daerah masih fokus untuk pembangunan sarana infrastruktur, sarana pemerintahan, dan juga fasilitas umum. Apalagi tahun ini kita menghadapi pilkada. Dana alokasi umum hampir terserap semua untuk pilkada,” ujar Yosias. (PKT-01/ARF)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *