by

58 Tahun YPK, Gubernur Dominggus Mandacan: Terus Berkontribusi untuk Pendidikan Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) merupakan lembaga pendidikan tertua di Tanah Papua yang telah memasuki usia ke- 58 tahun tepatnya 8 Maret 2020.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berharap kehadiran YPK terus memperkuat pendidikan di Tanah Papua khususnya di Papua Barat.

Harapan gubernur disampaikan pada resepsi perayaan HUT YPK ke- 58 yang dipusatkan di halaman SD YPK Fanindi Manokwari, Senin (9/3/2020). Menurut gubernur, pendidikan pada hakekatnya merupakan proses pembangunan peradaban sebuah bangsa.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan saat memberikan sambutan pada perayaan HUT ke-58 YPK di Manokwari. Foto : TRI

Catatan sejarah, sejak 1857 pendidikan bermula pada saat penggunaan sebuah bilik kamar Pendeta Ottow dan guru pertama orang Papua, Nyonya Bles Ottow, dimana pada saat itu ada 9 mata pelajaran yang diajarkan yang dinilai sangat mendasar untuk membangun orang Papua.

“Kehadiran YPK di Tanah Papua bertujuan untuk mencerdaskan kedidupan bangsa, hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang Dasar 1945,” tutur Dominggus Mandacan.

YPK merupakan patner kerja pemerintah yang melahirkan generasi penerus bangsa. Sehingga di usia ke-58 tahun, lanjut gubernur, YPK diharapkan mampu memenuhi sasaran pendidikan ke depan. Sehingga menjadi yayasan yang kuat, akuntabel dengan sistem managemen yang efektif dan efisien.

“Pemerintah provinsi Papua Barat senantiasa akan mendukung YPK agar dapat memiliki daya saing dan mampu mencetak lulusan yang berkualitas, kreatif, inovasi dan mandiri serta ikut mendorong penuntasan buta aksara di daerah ini,” tutup gubernur.

Adapun, Ketua PSW YPK Manokwari Kaleb Mofu mengatakan, saat ini secara substansi YPK mengelola 842 satuan sekolah dari berbagai jenjang pendidikan yakni tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang tersebar di Tanah Papua, yakni provinsi Papua sebanyak 444 sekolah dan provinsi Papua Barat 398 sekolah.

Lihat juga  DPW NasDem Serahkan Lima Rekomendasi, NasDem Merapat ke HEBO

Melalui momentum HUT YPK ke- 58, BP-YPK mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada GKI di Tanah Papua yang menghadirkan YPK, sehingga dapat membangun serta melayani pendidikan bersama dengan pihak pemerintah serta yayasan lainnya di Tanah Papua. (TRI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *