by

Empat Krirteria Perlombaan Bakal Isi Pelaksanaan Gebyar Perpustakaan Nasional

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Gebyar Perpustakaan Nasional tahun 2019 bakal diisi dengan empat perlombaan, yakni lomba bercerita SD kelas 4-6, pengelola perpustakaan kampung atau komunitas, pengelola perpustakaan SLTA, dan lomba pustakawan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Papua Barat, Bernadus Erari mengatakan, pelaksanaan gebyar perpustakaan tersebut mengacu pada edaran Kementerian Pendidikan Nasional dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Tahun anggaran 2019, dinas perpustakaan dan kearsipan Papua Barat menyediakan anggaran pendampingan bagi peserta yang menjadi juara untuk mengikuti lomba tingkat nasional,” kata Bernadus Erari.

Menurutnya, perpustakaan di dua Kampung asal Papua Barat pada tahun 2018 lalu menempati peringkat 6 nasional, yakni kampung Brokendik, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak dan kampung Latumasiri di kabupaten Wondama.

Papua Barat, lanjut Bernadus Erari, belum memiliki pustakawan yang dapat memenuhi kriteria peserta lomba untuk diikutkan pada tingkat nasional. Dengan demikian, Papua Barat mungkin tidak mengikuti jenis lomba tersebut.

“Kami sebenarnya memiliki sosok pustakawan dari kabupaten Teluk Wondama, tetapi dalam kriteria lomba tidak bisa diikutsertakan. Sampai saat ini kami belum ikut serta dalam lomba pustakawan,” ujar dia.

Bernadus Erari menambahkan, lomba bercerita tingkat provinsi akan dilaksanakan pada Juni mendatang. Ia mengatakan, tahun 2018 lalu, peserta atas nama Chandra dari kabupaten Teluk Wondama mewakili Papua Barat dan berhasil menempati juara 2 tingkat nasional.

“Lomba bercerita tingkat kabupaten dan kota biasanya dilaksanakan Maret dan April. Yang penting tidak bulan Juni, tetapi karena menyesuaikan agenda nasional sehingga dilaksanakan setelah perayaan idul fitri,” imbuhnya. (MR3)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *