oleh

Pentingnya Penerapan Manajemen Penanggulangan Bencana di Lingkungan Sekolah

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Manajemen penanggulangan bencara menjadi hal penting yang perlu diaplikasikan di lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan. Sehingga, sekolah siap mengahadapi ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan pada Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manokwari, Ronney Tamaela mengatakan, dengan pemahaman tentang bencana, bisa mengurangi resiko kerugian ataupn korban jiwa dapat diminimalisir.

“Manajemen penanggunalangan bencana sangat penting bagi tiap sekolah,” kata Ronny usai mengisi materi Kesiapsiagaan Bencana Dalam Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMAN 2 Manokwari, Selasa (9/7/2019).

Pengenalan manajemen penanggulangan bencana di SMAN 2, ini merupakan materi pertama tentang sekolah aman bencana di Manokwari. Dibutuhkan persiapan manajemen bencana di tingkat sekolah. Sehingga sekolah siap mengahadapi ancaman bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

“Yang dilakukan d isekolah adalah ketika terjadi bencana, apa yang bisa mereka lakukan, bagaimana cara melakukan evakuasi dan berbagi tugas. Manajemen penanggulangan bencana di tingkat sekolah dinamakan sekolah aman bencana. Kami berharap sekolah-sekolah lain juga bisa melaksanakan kegiatan ini, kami siap untuk menjemput bola ke sekolah-sekolah,” ujarnya.

Kepala SMAN 2 Manokwari, Adrianus Hara menuturkan, PLS dititikberatkan pada penyesuaian di lingkungan yang baru. Terkait manajemen penanggulangan bencana, lanjut Adrianus ada beberapa instansi yang dilibatkan, yakni Polda, BNNP Papua Baratdan BPBD.

“Adanya perkembangan teknologi ada pengaruh negatif sehingga perlu ada pembekalan supaya tidak terlibat dalam hal-hal yang merugikan masa depan. Kami juga undang BPBD sebagai pengetahuan dasar bagi mereka terkait kebencanaan,” pungkasnya. (ARF)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed