Beranda Manokwari Wabup Edi Budoyo: Kantin Sekolah Miliki Peran Penting

Wabup Edi Budoyo: Kantin Sekolah Miliki Peran Penting

86
0
SD Inpres 11 Prafi
Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo menandatangani prasasti tanda diresmikan kantin dan rumah penjaga Sekolah Dasar (SD) Inpres 11 Satuan Permukiman 1, Distrik Prafi. Foto : MKD/PKT

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Kantin sekolah memiliki peran penting sebagai sumber pemenuhan nutrisi bagi siswa-siswi. Dengan demikian, makanan dan jajanan yang tersedia di kantin harus dijamin kebersihannya dan bebas dari bahan berbahaya, serta mendapat ijin dari BPOM.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo disela-sela acara peresmikan kantin dan rumah penjaga Sekolah Dasar (SD) Inpres 11 Satuan Permukiman 1, Distrik Prafi, Selasa (22/1/2019).

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo menggunting pita pada acara peresmian kantin dan rumah penjaga Sekolah Dasar (SD) Inpres 11 Prafi. Foto :MKD/PKT

“Jadi jajanan di kantin sekolah hendaknya jauh dari makanan pewarna yang tidak ber-BPOM sehingga harus bersih, penuh nutrisi, vitamin, mineral, karbohidrat dan protein,” kata wabup.

“Saya berharap semua unsur dalam kantin sekolah itu hendaknya dapat terjaga kualitasnya. Setelah diresmikan kantin ini dapat berfungsi dan bebas dari 6P (penyedap, pemanis, pengenyal, pengawet, pewarna, pembungkus dan makanan yang berbahaya,” tambah Wabup Edi Budoyo.

Menurut wabup, kantin sekolah juga menjadi salah satu indikator sarana dan prasarana kebersihan lingkungan di suatu sekolah.
“Sebagai sarana pendidikan, kantin sekolah diharapkan dapat menunjang program sekolah terlebih lagi program sekolah sehat,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Wabup Edi Budoyo juga mengingatkan faktor keamanan di lingkungan sekolah harus diperhatikan terutama di waktu malam hari usai kegiatan belajar mengajar telah bubar.

Memastikan keamanan sekolah penting dalam mencegah terjadinya tindak kejahatan pencurian. Pasalnya, sekolah yang memilik aset cukup lengkap sering menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan.

“Sekolah juga sering dijadikan tempat melakukan hal-hal yang tidak terpuji, bahkan tidak bertanggungjawab. Karena itu peran penjaga sekolah sangatlah penting,” ucap wabu.

Dengan adanya rumah penjaga sekolah, wabup berharap akan lebih mudah memantau keadaan dan keamanan sekolah. Juga bermanfaat bagi penjaganya sendiri.

“Sungguh sangat luar biasa perhatian dari SD Inpres 11 Prafi betul-betul memperhatikan keberadaan penjaga sekolah, maka harus dirawat dan dijaga, serta jaga kepercayaan semua pihak,” kata wabup berpesan.

Wabup menambahkan, sekolah juga perlu mendukung dan mengembangkan pelestarian lingkungan. Melalui Sekolah Adiwiyata, sekolah bisa lebih meningkatkan perhatian terhadap terwujudnya lingkungan yang sehat, bersih serta indah.

“Ada banyak sekolah-sekolah saat ini yang sudah mengembangkan menuju Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten hingga Adiwiyata Mandiri Nasional,” tutup wabup. (MKD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here