Beranda Manokwari Gempa Tektonik 4,5 Magnitudo Guncang Manokwari

Gempa Tektonik 4,5 Magnitudo Guncang Manokwari

125
0
Peta lokasi pusat gempa bumi. Foto : Stasiun Geofisika Sorong

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Gempa bumi tektonik magnitude 4,5 mengguncang Kabupaten Manokwari, Jumat (13/12/2019) sekira pukul 07.27 WIT. Hasil analisis BMKG menunjukkan lokasi gempa bumi terletak pada koordinat 0,81 LS dan 133,90 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km arah Barat Laut Manokwari pada kedalaman 22 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V, Petrus Demon Sili menjelaskan, gempa bumi tersebut berkedalaman dangkal diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal. Guncangan gempabumi dirasakan di daerah Manokwari pada skala II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” kata Petrus melalui keterangan tertulis.

Hingga pukul 08:15 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).
Petrus mengimbau, masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ucapnya berpesan.

Petrus menambahkan, informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, seperti (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).

“Atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg,” tutupnya.
Salah seorang warga Sogun, Adri menuturukan, guncangan gempa sempat memnbuat dirinya kaget. “Rasa juga, pot-pot bunga di rumah ini bergoyang. Cukup terasa, tapi tidak lama,” ujarnya. (*/ARF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.