oleh

1.095 Warga Bakal Ikuti PSU di Lima TPS di Manokwari

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Sebanyak 1.095 warga yang berdomisili di Distrik Manokwari Barat dan distrik Manokwari Selatan yang tersebar di lima (5) TPS bakal mengikuti Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (27/4/2019).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Manokwari, Nurlaila Muhammad mengatakan, semua TPS yang akan melaksanakan PSU menjadi atensi. Bawaslu pun telah melakukan pengawasan sejak Kamis, termasuk telah mengumpulkan PPL di wilayah yang akan dilaksanakan PSU.

Bawaslu Kabupaten Manokwari
Komisioner Bawaslu Kabupaten Manokwari Nurlaila Muhammad. Foto : RBM

“Mereka sudah jalan untuk pengawasan sejak kamis kemarin. Dan semua itu menjadi perhatian. Mungkin kita roling pengawas TPS-nya. Jadi artinya yang kemarin bertugas di TPS lain kita alihkan ke TPS yang akan PSU, yang bersedia saja,” kata Nurlaila Muhammad, Jumat (26/4/2019).

Adapun kelima TPS yang akan melaksanakan PSU, yakni TPS 01 Kampung Misapmeysi, Distrik Manokwari Selatan, TPS 19 Kelurahan Wosi distrik Manokwari Barat, TPS 46 kelurahan Wosi, distrik Manokwari Barat, TPS 39 kelurahan Sanggeng, distrik Manokwari Barat, dan TPS 12 kelurahan Amban, distrik Manokwari Barat. PSU digelar untuk jenis semua pemilihan.

Nurlaila menjelaskan, rekomendasikan PSU yang dikeluarkan Bawaslu juga meminta agar penyelenggara di lima TPS dalam hal ini KPPS seluruhnya diganti. “Tapi itu kembali kepada KPU sebagai penyelenggara,” tutupnya.

Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi mengatakan, 20 personel yang terdiri atas satu regu anggota Polres dan satu regu Brimob akan melakukan pengamanan di masing-masing TPS yang akan melaksanakan PSU. Selain itu, pengamanan juga akan diperkuat dengan personel gabungan TNI dan polisi yang melakukan patroli.

“Kami juga stanby-kan pasukan-pasukan apa bila terjadi pergerakan sesuatu di daerah-daerah tadi. Kalau kategori namanya prediksi semua TPS pasti diantisipasi. Kita mungkin melihat yang paling banyak DPT-nya seperti di daerah Sanggeng, Unipa, dan Wosi itu yang menjadi antensi kami. Tapi yang lain pun juga tetap kita amankan,” jelasnya.

Lihat juga  Sarimaya: Partai Berkarya Memberi Bukti Bagaimana Membangun Ekonomi Rakyat

Ketua KPU Kabupaten Manokwari, Abdul Muin Salewe mengatakan, persiapan pelaksanaan PSU seperti logistik sudah aman. Selain itu, soal pergantian KPPS akan sesuaikan dengan kebutuhan. (RBM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed