Beranda Politik Daerah Diminta Siapkan Rencana Anggaran Pilkada Serentak 2020

Daerah Diminta Siapkan Rencana Anggaran Pilkada Serentak 2020

382
0
Penetapan Caleg Terpilih
Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Amus Atkana. Foto : MR3

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat, Amus Atkana mengatakan, pimilihan umum kepala daerah kabupaten/kota serentak tahun 2020, akan diikuti oleh 9 kabupaten di wilayah provinsi Papua Barat.

Adapun kesembilan daerah dimaksud, diantaranya Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Fakfak, Sorong Selatan, dan Raja Ampat.

Amus Atkana
Ilustrasi pilkada 2020. Foto : Istimewa

“KPU RI sudah menyampaikan jadwal dan tahapan pilkada serentak tersebut kepada (KPU) provinsi. Sesuai dengan jadwal, pilkada itu akan dilaksanakan pada 23 September 2020,” kata Amus Atkana, Kamis (4/7/2019).

Menurut Amus Atkana, KPU provinsi sudah melakukan koordinasi dengan KPU di tingkat kabupaten, terutama yang akan menggelar pilkada serentak 2020.

“Segera susun rencana anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pilkada. Koordinasikan dengan pemerintah daerah di wilayah masing-masing,” ungkap Amus Atkana.

Diketahui, empat daerah lain di Papua Barat yang tidak menggelar pilkada serentak, yakni Kota Sorong, kabupaten Sorong, Tambrauw, dan Maybrat.

“Kalau pemungutan suara pilkada dilaksanakan pada 23 September 2020, maka 23 September 2019 tahapan sudah dimulai. Secepatnya rancangan anggaran harus dipersiapkan karena sekarang sudah Juli. Tidak sampai 3 bulan lagi tahapan akan dimulai,” ujar Amus Atkana.

Amus Atkana berharap, rancangan anggaran pilkada tersebut diserahkan kepada pemda di masing-masing daerah jauh sebelum tahapan pemilu dimulai. Sebab satu tahun sebelum pelaksanaan pilkada, tahapan pilkada sudah harus dilaksanakan.

Dengan demikian, lanjut Amus Atkana, ada ruang bagi pemda untuk bisa menyiapkan kebutuhan anggaran pilkada tersebut di dalam pembahasan APBD.

Amus Atkana menambahkan, hal penting lain adalah menyangkut data pemilih, untuk itu KPU di kabupaten yang bakal menyelenggarakan pilkada serentak 2020, agar segera melakukan kroscek data pemilih.

“Ada bebera yang sudah datang ke KPU provinsi untuk berkonsultasi soal penyusunan anggaran. Semoga KPU di kabupaten lain tidak ada masalah,” pungkasnya. (MR3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.