Dukungan PAN: Demas Mandacan Nyatakan Baru Surat Tugas

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Bakal calon bupati Demas Paulus Mandacan menyatakan, terkait dengan dukungan politik Partai Amanat Nasional (PAN), pasangan calon Paulus Demas Mandacan-Edi Budoyo telah menerima surat tugas dari DPP PAN.

Paulus Demas Mandacan berpasangan dengan Edi Budoyo dan akan kembali mencalonkan diri pada Pilkada kabupaten Manokwari 2020. Sebagai pasangan petahana, Paulus Demas Mandacan-Edi Budoyo (PADI) telah mengantongi dukugan dari enam partai politik dari total 11 partai politik yang memiliki kursi di DPRD.

“Kalau terkait partai amanat nasional (PAN), kita (PADI, red) belum mendapat rekomendasi apa-apa. Hanya surat tugas yang diberikan,” kata Demas Mandacan ketika dikonfirmasi usai membuka Musrembang Distrik Manokwari Barat, Selasa (3/3/2020).

Tujuan dari surat tugas DPP PAN, lanjut Demas Mandacan, untuk mencari dukungan dari partai politik lain dalam rangka koalisi. Sehingga bisa memenuhi syarat pencalonan.

“PAN satu kursi sehingga harus mencari partai lain untuk berkoalisi. Tetapi untuk kami sampai sekarang sudah 14 kursi, kalau PAN bergabung, ya sudah 15 kursi. Yang diberikan baru surat tugas, bukan rekomendasi atau surat keputusan,” ujar Demas Mandacan.

Demas Mandacan mengatakan, simpati dan dukungan PAN masih bisa direbut oleh para bakal calon. Meski demikian, ia meyakini, partai politik dalam memutuskan dukungan politiknya tetap memiliki indikator-indikator yang tepat. Salah satunya adalah hasil survei.

“Tergantung siapa yang lobinya baik. Biasa juga dilihat dari hasil survei. Survei ini nanti yang meyakinkan pengurus DPP untuk mengeluarkan rekomendasi. Kalau partai Hanura, kami sudah terima SK. Sudah final,” tegas Demas Mandacan.

Demas Mandacan menambahkan, dari total 11 partai politik pemilik kursi di DPRD kabupaten Manokwari, enam partai politik telah menyatakan dukungannya untuk pasangan PADI.

Lihat juga  Sius Dowansiba: “Saya Mohon Maaf untuk Seluruh Masyarakat dan Kepala Suku Maybrat”

“Kami sudah dapat enam partai politik dengan jumlah 14 kursi. Tinggal lima lagi, tergantung strategi masing-masing bakal calon,” tutup Demas Mandacan.

Sebelumnya, salah seorang Kader PAN, Sius Dowansiba yang juga sebagai bakal calon bupati Manokwari, mengatakan PAN belum bisa mengeluarkan SK tentang dukungan politik kepada bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Dengan demikian, jika ada kandidat yang mengklaim telah menerima dukungan PAN, Sius Dowansiba menyatakan hal itu hanya sebagai pengakuan diri belaka. Selain itu, rekomendasi bsia keluar setelah kepengurusan DPP PAN baru remsi dikukuhkan.

“Saya kader PAN murni, bukan abal-abal, buka kader belian. Kita tidak boleh mengeluarkan statemen yang menyudutkan. Teman-teman, mari kita bersaing yang sehat. Jangan mengeluarkan kata-kata yang menimbulkan ketersinggungan. Kita dewasa dalam berpolitik. Santai saja, tenang saja. Tidak ada yang menakutkan,” tutur Sius Dowansiba. (ARF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *