Eks anggota KPU Tambrauw dilantik sebagai anggota KPU Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari melantik Endang Wulansari sebagai pengganti antar waktu (PAW) anggota KPU Provinsi Papua Barat (KPUPB) periode 2020-2025. Pelantikan berlangsung secara daring di Ruang Aula KPU PB, Arfai Manokwari, Rabu (30/8/2023).

Endang pernah tercatat sebagai staf di kantor Panwaslu Kabupaten Sorong pada Tahun 2008-2009, anggota Panwaslu kabupaten Tambrauw tahun 2010-2012, dan pernah menjadi anggota KPU kabupaten Tambrauw periode 2013-2018.

“Endang Wulansari merupakan sosok yang tidak asing bagi para penyelenggara Pemilu di Provinsi Papua Barat,” ujar Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan/Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Papua Barat Abdul Halim Shidiq, melalui keterangan resmi, Kamis (31/8/2023) 

Pelantikan Endang ini, bersamaan dengan pelantikan PAW anggota dari 5 KPU Kabupaten/Kota yakni dari KPU kabupaten Rokan Hilir, kabupaten Lebak, KPU kabupaten Halmahera Timur, KPU kabupaten Mimika dan KPU Kota Makassar.

Dalam keterangannya, Hasyim Asy’ari meminta, anggota yang baru agar segera melakukan penyesuaian dan adaptasi dengan situasi kerja di lingkungan KPU karena tahapan pemilu sudah berjalan.

“Ritme kerja KPU semakin hari semakin padat, anggota KPU yang baru tetap berpegang teguh dan berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan. Baik Undang Undang pemilu maupun Undang Undang lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu. Kemudian peraturan KPU, peraturan Bawaslu dan peraturan DKPP,” ucapnya.

Menurut Hasyim, hal itu penting untuk dipedomani bersama karena salah satu prinsip penyelenggaraan Pemilu adalah berkepastian hukum.

Menjadi informasi, berdasarkan pengumuman KPU RI NO 4/SDM.12-Pu/05/KPU/VIII/2020 tentang Penetapan Anggota KPU Provinsi Papua Barat Periode 2020-2025 Tanggal 29 Juli 2020, Endang Wulansari tercatat sebagai  peringkat  8 dari 8 besar nama-nama yang ditetapkan sebagai anggota KPU PB.

Lihat juga : KPU Papua Barat: Masukkan masyarakat sangat menentukan kualitas calon anggota legislatif

Lihat juga  MRPB Atensi Kasus Suap Rp500 Juta Mantan Komisioner KPU RI yang Mencatut Nama Dominggus Mandacan

Dengan resminya Endang, maka komposisi KPU Provinsi Papua Barat sebagai berikut : Paskalis Semuanya (ketua merangkap anggota), Abdul Halim Shidiq (anggota), Abdul Muin Salewe (anggota) dan Endang Wulansari (anggota). (*/PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *