Beranda Nasional Ini Sosok Calon Gubernur Terkaya hingga Termuda

Ini Sosok Calon Gubernur Terkaya hingga Termuda

602
0
Pilkada Serentak 2018
Daftar Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dengan harta kekayaaan yang paling banyak dan paling sedikit. Foto : Istimewa.

Manokwari, Papuakita.com – Salah satu kewajiban para calon kepala daerah adalah melaporan harta kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diketahui, calon kepala daerah gubernur dan wakil gubernur pilkada serentak 2081 terkaya adalah Andi Muhammad Nurdin Halid, Calon Gubernur Sulawesi Selatan.

Total kekayaannya mencapai Rp167.869.362.322. Sementara, Calon wakil Gubernur terkaya di Indonesia adalah, Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus yang maju di Pilkada Sumatera Utara, kekayaannya mencapai Rp350.887.340.551.

Adapun Muhammad Ridho Ficardo, calon gubernur Lampung yang hartanya paling sedikit, senilainya berkisar satu miliar rupiah. Sedangkan, calon wakil gubernur dengan harta paling sedikit adalah, Abdullah Vanath hanya Rp.392 juta. Abdullah Vanath bertarung di Pilkada Maluku.

Selain calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terkaya pada kontestasi politik 2018 ini, juga diikuti calon dengan usia yang relatif muda. Diantaranya, Karoline Margret Natasa, calon gubernur Kalimantan Barat, usia 35 tahun. Sementara, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak baru berusia 33 tahun.

Adapun total peserta pilkada serentak 2018 mencapai 569 pasangan calon, yang berlagsung di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Pilkada serentak di tingkat provinsi diikuti sebanyak 58 provinsi.

Laki-Laki Vs Perempuan

Selain itu, dari jumlah kandidat 116 calon gubernur dan calon wakil gubernur yang bertarung 7 diantaranya adalah perempuan, 2 calon gubernur sementara 5 lainnya adalah calon wakil gubernur.

Sementara perebutan kursi kepala daerah di tingkat kabupaten dan kota diikuti 465 kontestan laki-laki. Sedikitnya 46 adalah kontestan perempuan.  Begitupun dengan wakil kepala daerah 46 adalah calon perempuan dan 465 adalah calon laki-laki.

Sumber : Liputan 6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here