Beranda Politik Jadi Caleg DPR RI, Ahmad Nausrau Diminta Tanggalkan Jabatan Ketua MUI Papua...

Jadi Caleg DPR RI, Ahmad Nausrau Diminta Tanggalkan Jabatan Ketua MUI Papua Barat

205
0
Jabatan MUI PB
Anggota KAHMI Papua Barat Saleh Sanusi. Foto : ADL

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua Barat, H. Ahmad Nausrau, diminta untuk menanggalkan jabatannya tersebut. Hal itu menyusul yang bersangkutan saat ini tercatat sebagai caleg DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Papua Barat pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Sebenarnya tidak ada aturan yang melarang orang sebagai caleg. Di MUI itu ada ghirah perjuangan. Kalau pucuk pimpinan sudah masuk ke politik, itu justru melemahkan perjuangan umat islam,” kata anggota Korps Alumni HMI Papua Barat, Saleh Sanusi, Kamis (14/2/2019).

Kata Saleh, hal yang sama juga harus dilakukan oleh Ketua MUI Pusat. K. H. Ma’ruf Amin yang menjadi calon wakil presiden berpasangan dengan Calon Presiden Joko Widodo.

“Jabatan ketua MUI Papua Barat itu sudah harus dilepas oleh jauh hari sebelum terdaftar sebagai caleg. Alasanya akan menjadi preseden buruk bagi eksistensi umat di wilayah kepala burung,” ujar dia.

“Ketua MUI itu di atas gubernur. Ia bertindak sebagai pelindung dan penasehat bagi gubernur. Namun, sekarang dia bukan hanya sebagai caleg tetapi merangkap ketua pemenangan salah satu capres, sementara gubernur berada di tim capres lain, ini justru membahayakan kegiatan umat ke depan,” terang Sanusi.

Saleh Sanusi menyarankan, agar sebaiknya H. Ahmad Nasrau mundur dari pucuk pimpinan MUI provinsi Papua Barat, kemudian menyerahkan jabatan itu kepada orang lain yang tepat.

“Kalau dia sayang umat islam di Papua Barat sebaiknya dia mundur. Ini menjadi keresahan kita, banyak hal dan langkah yang tidak sinkron dengan kepentingan organisasi,” tutur Saleh.

Saleh menambahkan, Buya Hamka adalah salah satu panutan dalam organisasi MUI Nasional. ”Bagaimana Buya Hamka memilih tidak terlibat politik praktis sehingga ia menjadi panutan yang memberikan nasehat bagi kepemimpinan Presiden Soharto di era Orde Baru,” pungkasnya.

Terpisah, upaya konfirmasi untuk meminta tanggapan Ketua MUI menyangkut pelibatan dirinya dalam politik, belum mendapat tanggapan. Ahmad Nausrau tercatat sebagai Caleg DPR RI Dapil Papua Barat dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) nomor urut 1. (ADL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here