Beranda Manokwari Minus Norman, Yustus dan Bons Disahkan sebagai Pimpinan Definitif DPRD Manokwari

Minus Norman, Yustus dan Bons Disahkan sebagai Pimpinan Definitif DPRD Manokwari

991
0
Kiri-kanan. Pimpinan definitif DPRD Kabupaten Manokwari, masing-masing Wakil Ketua, Bons S. Rumbruren dan Ketua, Yustus Dowansiba saat mengucapkan sumpah/janji yang dipandu Wakil Ketua Pengadilan Tipikor Manokwari, Saptono, S.H, M.H.. Foto : RBM

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Unsur pimpinan definitif DPRD Kabupaten Manokwari masa jabatan 2019-2024, Rabu (25/9/2019) resmi dilantik. Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah/janji yang dipandu Wakil Ketua Pengadilan Tipikor Manokwari, Saptono, S.H, M.H.

Sesuai dengan perolehan suara terbanyak, tiga partai yakni, PDI Perjuangan, Nasdem, dan Golkar berhak menduduki unsur pimpinan. Adapun ketua dipercayakan kepada Yustus Dowansiba, wakil ketua satu, Norman Tambunan, dan wakil ketua dua, Bons. S Rumbruren. Meski demikian, pelantikan hanya diikuti Yustus dan Bons saja.

Sekretaris DPRD kabupaten Manokwari, Yohan Warijo dikonfirmasi mengatakan, aturan membolehkan unsur pimpinan definitif diresmikan atau dilantik meski tidak lengkap. Ia mengatakan, sesuai perolehan suara terbanyak, PDI Perjuangan menempati posisi ketua, Golkar wakil ketua satu, dan Nasdem wakil ketua dua.

“Kita tidak bisa melantik sama-sama karena yang memasukan rekomendasi dari partai politik untuk merestui unsur kepemimpin, hanya PDIP dan Nasdem yang memasukan. Sementara golkar baru kasih rekomendasinya,” kata Warijo usai mengikuti rapat paripurna pelantikan unsur pimpinan definitif.

Warijo menegaskan, penundaan pelantikan unsur pimpinan perwakilan dari golkar bukan karena ada intervensi pihak lain yang diarahkan ke secretariat DPRD. Hal itu murni karena adanya keterlambatan dari partai yang bersangkutan.

“Saya tidak bisa mengatakan SK tersebut sah atau tidak, kalaupun sah atau tidak silahkan berkoordinasi dengan pimpinan partai politik yang ada di kabupaten dan provinsi. Apakah SK yang diberikan atas nama Norman Tambunan sebagai wakil ketua itu tidak sah. Saya sebagai sekretaris dewan setelah menerima, itu sah,” tutupnya.

Terpisah, Ketua DPD partai golkar kabupaten Manokwari, Dadi Narwawan yang dikonfirmasi ihwal rekomendasi pimpinan definitif DPRD dimaksud belum banyak memberikan keterangan.

Ditanya, apakah benar rekomendasi pimpinan definitif atas nama Norman Tambunan dari partai golkar yang diserahkan ke sekretariat DPRD? Dadi hanya memberikan jawaban singkat.

Lihat juga  Norman Jabat Waket DPRD, Demas Mandacan: Tak Benar Saya Hambat Pelantikan

“Tanyakan ke pak sekwan. Semuanya sudah ada di sekwan,” tulis Dadi melalui pesan whatsapp.

Diketahui, baik PDIP, Golkar, dan Nasdem merupakan partai pemenang pileg 17 April 2019 di kabupaten Manokwari, dengan perolehan masing-masing 4 kursi. (RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.