oleh

Nasdem Papua Barat Resmi Dukung Yosias Saroy dan Piet Kasihiw

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Partai Nasional Demokrat (Nasdem) resmi mengeluarkan dua rekomendasi politik, untuk Yosias Saroy dan Petrus Kasihiw yang masing-masing akan bertarung pada pilkada Kabupaten Pegunungan Arfak dan kabupaten Teluk Bintuni pada Pilkada serentak pada September 2020.

Sekretaris DPW Nasdem Provinsi Papua Barat, Rocky Mansawan, Sabtu (18/1/2020) membenarkan keputusan politik tersebut. Ia mengatakan, dari sembilan kabupaten di Papua Barat yang akan mengikuti pilkada tahun 2020, partai Nasdem tidak membuka pendaftaran di kabupate Pegunungan Arfak dan Teluk Bintuni.

“Karena di dua kabupaten tersebut adalah kader partai dan juga sebagai incumbent. Sehingga DPP melihat dukungan secara otomatis langsung diberikan. Pendaftaran tidak dibuka,” kata Rocky Mansawan.

Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan Daerah DPW Nasdem Papua Barat,, Syamsudin Seknun. Foto : ARF

Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan Daerah DPW Nasdem, Syamsudin Seknun mengatakan, rekomendasi Nasdem yang sudah jelas baru dua daerah dari 9 daerah yang akan menyelenggarakan pilkada tahun 2020.

“Pertama, kabupaten Teluk Bintuni, karena itu adalah ketua DPD. Kami pastikan 7 kursi Nasdem milik ketua DPD yang juga bupati sekarang. Satunya lagi, adalah kabupaten Pegunungan Arfak. Kami pastikan sesuai hasil kajian dan pertemuan Bapilu, kami berikan kepada bupati saat ini yang juga adalah kader nasdem,” kata Syamsudin Seknun.

Menurut Syamsudin, elektabilitas dan popularitas tinggi belum menjadi jaminan bagi pasangan calon, untuk bisa meraih dukungan politik partai besutan Surya Paloh ini. Dukungan Nasdem diberikan berdasarkan hasil survei. Di mana, saat ini memasuki masa survei akhir.

Terlepas dari aspek elektabilitas dan popularitas, Syamsudin menyatakan, dukungan politik Nasdem harus bisa melahirkan orang yang punya patron seperti yang didoktrikan oleh ketua umum, Surya Paloh.

“Bahwa partai ini adalah partai tanpa mahar. Tetapi ketika terpilih harus melakukan yang terbaik bagi masyarakat yang ada di daerahnya. Ini sangat berat. Lebih baik (calon) memberikan uang dari pada menerima mahar seperti itu. Jadi, kami sangat hati-hati dalam memberikan rekomendasi politik,” sambung Syamsudin Seknun.

Lihat juga  KPU Manokwari Segera Rekrtut PPD di Sembilan Distrik

Dengan lantang Syamsudin mengatakan, setiap rekomendasi yang dikeluarkan, nasdem pastikan bahwa kandidat yang bersangkutan akan memenangkan pertarungan.

“Ketika nasdem mengeluarkan rekomendasi kepada calon siapapun, dia pasti memenangkan pertarungan itu. Sehingga kami sangat hati untuk hal ini. Nasdem akan membuat formulasi-formulasi khusus untuk menyiapkan tahapan kemenangan menuju pilkada 2020,” ujar anggota DPRPB ini.

Syamsudin mengemukakan, target kemenangan nasdem di sembilan kabupaten dalam pilkada serentak 2020, adalah kemenangan 100 persen. kemenangan tersebut menjadi titik awak menuju sukses pilgub Papua Barat 2024.

Pilkada serentak 2020 akan diikuti oleh Sembilang kabupaten di Provinsi Papua Barat, yakni : kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Fakfak, dan Kaimana, Raja Ampat, dan Sorong Selatan.

“Bagi kami, target 2020 di Sembilan kabupaten merupakan titik awal untuk mengantarkan ketua DPW (Dominggus Mandacan, red), untuk masuk ke dua periode. Sehingga kami sangat hati-hati betul dalam memberikan rekomendasi dan memenangkan pertarungan di kabupaten kota,” sebut Syamsudin penuh optimis. (ARF)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed