Seperti Ini Pengaturan Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di Kantor KPU Manokwari

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Simulasi pendaftaran bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati Manokwari tahun 2020 akan dibuka pada 4-6 September mendatang.

Guna memberikan gambaran tentang prosesi pendaftaran, KPU Kabupaten Manokwari, Kamis (27/8/2020) menggelar simulasi pendaftaran dengan menghadirkan perwakilan partai politik.

Rapat simulasi dipimpin Plh. Ketua KPU, Aplena A. L Rumaikeuw dan didampingi Komisioner Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, Fahri Rafli, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Heri Lolo, serta dihadiri Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan Wijaya, S.I.K dan perwakilan Bawaslu kabupaten Manokwari.

Pantauan papuakita.com, proses pendaftaran dimulai dengan pengecekkan suhu tubuh menggunakan thermo gun diikuti dengan pencatatan suhu tubuh oleh petugas di depan pintu masuk ruang pendaftaran.

Kemudian, pasangan bakal calon, tim sukses, dan penghubung (LO) mengisi absen untuk diberikan ID Card. Untuk selanjutnya masuk ke dalam ruangan.

“Yang bisa masuk ke ruangan hanya bakal pasangan calon, 2 orang tim sukses, serta penghubung atau LO juga dua orang. Ketua dan sekretaris partai harus menunggu di luar ruangan,” jelas Aplena Rumaikeuw.

Selanjutnya, berkas pasangan bakal calon akan diserahkan ke KPU oleh ketua tim sukses. Berkas-berkas pendaftaran wajib disegel dengan plastik serta bebas kontaminasi Covid-19. Saat mendaftar, verifikator akan mencatat waktunya apakah sesuai dengan aturan atau tidak.

“Komisioner (KPU) akan melihat syarat calon, dan tim verifikator akan verifikasi dokumen pencalonan. Setelah berkas persyaratan dinyatakan lengkap, maka akan diinput di SiLon dan akan ditampilkan dan sampaikan jumlah kursi atau suara dukungan yang diperoleh pasangan bakal calon,” jelasnya lagi.

Diketahui, syarat dukungan yang harus dimiliki oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati adalah mendapatkan dukungan suara sah sebanyak 29. 618 atau jumlah peroleh kursi di DPRD minimal 5.

Lihat juga  KPU Manokwari tetapkan 526 DCS untuk Pemilu 2024 

KPU akan menjadwalkan kembali rencana pertemuan bersama perwakilan partai politik terkait pembahasan jadwal pendaftaran pasangan baka calon. Rapat tersebut dijadwalkan pada 2 atau 3 September mendatang.

“Mungkin hanya ketua tim atau LO yang diundang hadi,” tutup Aplena Rumaikeuw yang juga menjabat Divisi Teknis Penyelenggara. (ARF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *