Syahruddin Makki: Masuk politik, harus perbaiki dulu ekonomi kita

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Figur bakal Calon Wakil Bupati Manokwari Syahruddin Makki, memiliki prinsip berkarir dibidang politik. Yakni, wajib memperbaiki ekonomi pribadi sebelum benar-benar terjun di dunia politik.

Prinsip itu terbangun sejak lam. Terilhami dari proses panjang yang dilaluinya sejak masih berada di bangku kuliah, kemudian mulai merintis usaha hingga merasakan pencapaian saat ini. Pengalaman empiris itu telah banyak memberikan warna dalam kehidupan almnus Faperta, Uncen ini. 

Pose bersama figur Calon Wakil Bupati Manokwari Syahruddin Makki usai daftar di Partai Kebangkita Bangsa (PKB)
Pose bersama figur Calon Wakil Bupati Manokwari Syahruddin Makki usai daftar di Partai Kebangkita Bangsa (PKB). Foto : Razid Fatahuddin/PAPUAKITA.com

“Saya lahir dari dari kaki ba abu. Alhamdulillah, Allah memberikan rezeki. Jadi, prinsip yang saya bangun adalah jika ingin masuk partai politik maka perbaikilah ekonomi dulu,” ungkap Makki  ketika memberikan sekapur sirih saat mendaftarkan diri ke DPC PKB, Kamis (16/5/2024).

Makki menjadi figur calon kontestan terakhir yang mendaftar di partai besutan Cak Imin ini. Di hari yang sama, PKB resmi menutup pendaftaran calon bupati-wakil bupati yang telah dibuka sejak 13 Mei lalu.

“Sehingga, kita tidak waspada dengan apa yang terjadi ke belakang. Tetapi, ke depan adalah bagaimana bisa membangun masyarakat. Tanpa itu membangun ekonomi kita dulu, kita tidak akan bisa memikirkan masyarakat, karena kita masih memikirkan dapur bisa menyala atau tidak,” ujarnya.

Dengan prinsip berpolitik, Syahruddin Makki siap mendampingi figur calon bupati Manokwari yang memiliki visi dan misi yang sama untuk memajukan kabupaten Manokwari.

“Saya membawa PPP yang telah membesarkan saya, alhamdulillah mendapatkan 2 kursi. Di PKB ini adalah pendaftaran kedua. Yang pertama di PDIP, mungkin saya satu-satunya orang (bakal calon wakil bupati) yang mendafar di PDIP. Insya Allah setelah ini kita daftar ketiga di PSI,” ungkapnya.

 Optimis jadi cawabup

Syahruddin Makki optimis bisa masuk dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Manokwari sebagai figur calon wakil bupati untuk mendampingi figur calon bupati, termasuk calon petahana (Hermus Indou).

Lihat juga  Ini Terobosan Bawaslu Maksimalkan Sosialisasi Tahapan Pemilu di Manokwari

“Kami sudah lama kenal dan saling berkomunikasi” jawab Syahruddin Makki.

“Insya Allah, kami sudah cukup lama dengan beliau. Semasa di KNPI sama-sama beliau, saya di DPR Papua Barat sering diskusi dengan beliau. Kami pun sama-sama saat mengusung beliau menjadi bupati Manokwari sekarang ini. Insya Allah dengan optimisme itu, dan Allah ridhoi bisa bersama-sama dengan incumben ke depan,” ucap Makki.

Memiliki jiwa enterpreneur dan sudah teruji, serta memiliki pengalaman sebagai anggota DPR Papua Barat periode 2004-2009, 2009-2014, Makki optimis bisa mengaplikasikan pengalaman itu dalam kolaborasi memajukan daerah ini dalam pelayanan pemeritahan.

 “Saya pelaku bisnis dan Pak Hermus birokrat tulen, kolaborasi ini bisa memajukan perekonomian dari bidang pertanian, peternakan, perikanan yang memang menyentuh langsung kepada masyarakat Manokwari supaya ada kesetaraan,” tutupnya. 

Figur bakal calon bupati maupun wakil bupati, untuk bisa mengantongi dukungan dari PKB. Harus memenuhi tiga hal sebagai syarat utamanya.

“Sebagai calon harus memiliki elektabilitas, kualitas, serta visi dan misi. Setelah berkas kami terima dan evaluasi langsung insya Allah kami akan bawa ke DPP untuk ditindaklanjuti,”  kata Ketua Ketua Tim Cakada PKB, Muhammad Mansyur. (PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *