Wahidin Puarada daftar sebagai bacagub Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Bupati Fakfak dua periode (2000-2010) Wahidin Puarada resmi mendaftarkan diri ke DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sebagai bakal calon gubernur Papua Barat.

“Saya baru dapat informasi dari DPP, bahwa Pak Wahidin Puarada juga sudah daftar sebagai bakal calon gubernur Papua Barat. Sudah daftar, jadi daftar di DPP,” ungkap Sekretaris DPD PDIP Provinsi Papua Barat Paulus Talimbekas, Jumat (10/5/2024)

PDIP menerapkan mekanisme pendaftaran bakal calon gubernur-wakil gubernur bisa melalui DPP partai. Menurut Paulus, PDI Perjuangan membuka diri bagi kader maupun non kader, untuk berpartisipasi dalam pilkada 2024.

“Di DPD PDI Perjuangan sudah ada kader eksternal yang mendafar yaitu Bapak Dominggus Mandacan, Ketua Partai NasDem. Kemudian, Ketua DPD, Bapak Markus Waran daftar sebagai bakal calon gubernur atau wakil gubernur,” ujarnya.

Terpisah, Wahidin Puara membenarkan dirinya telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur Papua Barat melalui DPP PDI Perjuangan.

“Insya Allah sudah mendaftar kemarin malam melalui link yang ada di PDIP,” ucap Wahidin.

Proses pendaftaran dirinya di PDIP adalah bentuk ikhtiar dan keseriusan untuk berkiprah di jalur politik, khususnya sebagai salah satu bakal calon gubernur Papua Barat 2024-2029.

“Komunikasinya akan dibangun dengan PDI Perjuangan, kita sudah daftar. Kalau yang lain juga akan kita berkomunikasi kalau sudah buka, misalnya PAN, kemungkinan juga ke PBK dan PKS. Kalau sudah buka, kita akan daftar,” tutupnya.

PDI Perjuangan telah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kota sejak 8 Mei lalu. Namun, instruksi DPP PDIP bahwa pendaftraran akan ditutup resmi pada 11 Mei.

“Proses ini (pendaftara), kita seluruh Indonesia sudah ditutup tanggal 11 Mei besok. Selanjutnya, kita memasuki tahap penjaringan. Kita akan melaporkan semua berkas hasil penjaringan bakal calon ke DPP partai, untuk kemudian dilaporkan di rakornas partai,” tandasnya. (PK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *