oleh

Ratusan perserta absen pada penutupan latsar CPNS Kabupaten Raja Ampat

WAISAI, PAPUAKITA.com—Tercatat sebanyak 175 perserta absen alias tidak hadir pada penutupan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kabupaten Raja Ampat. Latsar CPNS di lingkungan pemda Raja Ampat dibuka sejak 4 Oktober dan ditutup secara resmi pada 28 Desember.

Upacara penutupan Latsar CPNS ini dipusatkan di Pantai WTC, Waisai, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Orideko Iriano Burdam dengan ditandai pelepasan kartu peserta, Selasa kemarin.

Kepala BKPSDM Nyoman Saribuana dalam laporannya menyampaikan, Latsar CPNS di lingkup kabupaten Raja Ampat diikuti sebanyak 469 peserta. Adapun teknis pelaksanaan dibangi menjadi dua gelombang.

”Gelombang pertama diikuti golongan III sebanyak 281 peserta kemudian gelombang kedua diikuti golongan II sebanyak 188 peserta. Adapun yang tidak hadir dalam penutupan ini sebanyak 175 orang,” ungkap Nyoman Saribuana.

Latsar CPNS ini dilaksanakan berdasarkan amanat Undang Undang 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah (PP) 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 tahun 2021 tentang pendidikan Latsar CPNS.

“Tujuan dari penyelenggaraan latsar adalah untuk membentuk ASN yang profesional dan berkarakter,”imbuhnya.

Nyoman Saribuana menegaskan, Latsar CPNS juga sebagai upaya peningkatan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan ketentuan instansi.

Dengan demikian, Latsar yang diiikuti oleh CPNS adalah bertujuan juga untuk menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, untuk memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan dan pengayoman masyarakat.

“Terakhir adalah untuk menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan demi terwujudnya pemerintahan yang baik,” tutupnya. (PK-04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed