by

Rico Sia dan Disperindag gelar bimtek berbasis IKM di Raja Ampat

WAISAIA, PAPUAKITA.com—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Raja Ampat menggelar kegiatan bimbingan teknis penumbuhan dan pengembangan wirausaha lokal berbasis Industri Kecil Menengah (IKM).

Kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) ini, bertujuan menggali potensi wirasausaha lokal agar memiliki daya saing sehingga produk-produk yang dihasilkan mampu menembus pasar luar. Kegiatan ini berlangsung seja 19-22 April mendatang.

Peserta Bimtek IKM di Raja Ampat. Foto : PK-04

Kepala Disperindag Samsuddin Nimanuhu mengatakan, kegiatan bimtek tersebut merupakan program yang direalisasikan melalui aspirasi anggota DPR RI asal Papua Barat Rico Sia. Ia membeberkan, bimtek meliputi pelatihan perbaikan motor tempel, olahan hasil laut dalam rangka menumbuhkembangkan wirausaha usaha baru di kabupaten Raja Ampat.

“Kegiatan bimtek ini dilakukan berdasarkan hasil kordinasi antara dinas dengan kementerian perindustrian terkait program prioritas di daerah. Kegiatan ini menghadirkan sekira 70 peserta dari berbagai kalangan di kabupaten Raja Ampat,” jelas Samsuddin Nimanuhu.

Bimtek pengembangan IKM, lanjut Samsuddin, juga berkolaborasi dengan instansi terkait seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bank Papua. Dua isntansi ini menyajikan materi menyangkut perizinan dan mekanisme pengurusan kredit permodalan.

“Harapan kami dengan pelatihan wirausaha ini akan tercipta pengusaha muda yang andal dan lahirlah industri kecil yang tumbuh dan berkembang. Kondisi ini otomatis pendapatan perkapita tumbuh. Kita tahu bahwa daya saing daerah ditentukan oleh sektor populasi industry,” ujarnya.

Melalui bimtek, Samsuddin Nimanuhu menambahkan, akan muncul wirausaha usaha yang berkembang.

“Kegiatan ini lebih fokus kepada usaha bengkel dan olahan hasil laut. Pemerintah pun akan fasilitasi ke lembaga perbankan atau ke koperasi untuk mendapatkan pinjaman modal bagi pengembangan wirausaha,” pungkasnya. (PK-04)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *