oleh

Suling Tambur Masyarakat Adat Raja Ampat Mewarnai Pendaftaran Calon Anggota DPRPB Jalur Otsus

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Pendaftaran calon anggota DPR Papua Barat melalui jalur pengangkatan, Abraham Goram Gaman diiringi dengan suling tambur. Suling tambur masyarakat adat mewarnai prosesi pendaftaran yang berlangsung di Sekretariat Panitia Penjaringan (Panja) di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Raja Ampat, Selasa (19/11/2019).

Dilaporkan, rombongan suling tambur terdiri atas pemuda dan para ibu bersama tokoh adat berserta calon anggota jalur otsus yang bersangkutan, mereka tiba di sekretariat panja Selasa siang dan disambut Ketu panja, Buce Fey dan timnya.

Ketua LMA Ambel Waigeo, Raja Ampat, Mikha Sam melalui keterangan tertulisnya, mengatakan Abraham Goram Gaman adalah kandidat anggota DPRPB jalur otsus dari yang mereka usung. Mikha Sam mengingatkan, agar berkas kandidat mereka diteruskan kepada panitia seleksi calon anggota DPRPB Jalur Otsus periode 2019-2024.

“Pendaftaran dengan prosesi adat dilakukan dengan menaruh dokumen calon peserta di dalam piring adat dan disuguhkan kakes (pinang, sirih, kapur) yang ditaruh dalam piring putih berjalan lancar dan aman,” katanya.

Mikha Sam mengatakan, bersama masyarakat adat dan kandidat anggota DPRPB jalur otsus, setelah mendaftar ke panja selanjutnya ke Bagian Umum Setda Raja Ampat, untuk menyerahkan tembusan berita acara pendaftaran supaya diketahui.

“Rombobgan suling tambur sempat menghebohkan suasana kantor bupati yang membuat para ASN beramburan keluar ruangan untuk menyaksikan apa yang sesungguhnya terjadi. Setelah selesai menyerahkan dokumen kepada panitia, rombongan suling tambur membubarkan diri dengan tertib kembali ke kampung di Teluk Mayalibit,” tutup Mikha Sam. (RBM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed