Beranda Religi Bupati Demas: Jamaah Haji Harus Mampu Jadi Masyarakat Religius

Bupati Demas: Jamaah Haji Harus Mampu Jadi Masyarakat Religius

149
0
Penerimaan kembali sebanyak 222 jamaah haji asal Kabupaten Manokwari oleh Bupati yang diwakili Asisten I, Harjanto Ombesapu. Foto : RBM

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Dengan pelaksanaan ibadah haji diharapkan menjadi kekuatan untuk membangun kabupaten Manokwari yang bermoral dan bermartabat. Demi mewujudkan masyarakat Manokwari yang berbudaya, maju, mandiri, aman damai, dan sejahtera.

Demikian Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Setda Manokwari, Harjanto Ombesapu pada acara penerimaan kembali Jamaah Haji kabupaten Manokwari musim haji 1440 Hijriah, Kamis (3/10/2019).

“Jamaah haji harus selalu menjadi contoh dan teladan dan peran yang baik kepada sesama terutama keluarga, lingkungan masyarakat maupun antarumat beragama, serta jamaah haji mampu menjadi masyarakat yang religus bisa mengamalkan ajaran islam dengan baik,” kata bupati.

Dengan pengalaman spiritual yang positif selama menunaikan ibadah haji di tanah suci, diharapkan menjadi renungan bersama sekaligus motivasi bagi pengembangan akhlak bagi masyarakat di lingkungan terdekat maupun kepada keluarga dan masyarakat umum.

Atas nama pemerintah daerah dan pribadi, bupati menyampaikan ucapan sukses kepada para jamaah haji yang telah selesai melaksanakan ibadah dan selamat sampai kembali di Tanah Arfak, serta bisa berkumpul lagi dengan keluarga.

“Saya berharap agar kelembagaan jamaah haji untuk terus dimaksimalkan fungsi dan perannya agar mampu menjawab tantangan dan dinamika saat ini. Dan memaksimalkan pelaksaan ibadah haji di tahun-tahun mendatang, tentunya ini dengan terus membangun komunikasi dan koordinasi diantara seluruh pemangku kepentingan,” pesan bupati.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari, Raknumfor Trius Benson Ap dalam sambutannya mengatakan, dengan telah selesainya pelaksanaan ibadah haji, para jamaah haji harus dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik

Dengan menjadikan diri sendiri sebagai contoh yang baik yang dimulai di dalam keluarga, lingkungan sekitar, dan dalam lingkungan yang lebih luas sehingga memberikan dampak yang positif bagi kemajuan pembangunan di Kota Manokwari.

Dalam kesempatan itu, dilaporkan pelaksanaan operasional haji musim haji 1440 hijriah, total jamaah haji kabupaten Manokwari 231 orang, tunda berangkat 3 orang, mutasi keberangkatan 5 orang karena pindah tugas, cadangan 1 orang, sehingga total jamaah haji yang diberangkatkan sebanyak 222 orang.

“Bantuan tiket bagi jamaah haji dari pemda, sampai saat ini belum diterima oleh panitia haji. Dan masih di proses hingga saat ini. Oleh karena itu mohon pengertian dan kesabaran dari semua jamaah haji,” ujarnya. (RBM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here