oleh

Dominggus Mandacan Buka MTQ ke VIII Papua Barat, Digelar Secara Virtual

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an ke VIII Tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2020. Pembukaan MTQ ini berbeda dilaksanakan secara virtual, Senin (31/8/2020).

Diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Sudirman Simanihuruk dan Ketua LPTQ Papua Barat Musa Kamudi, serta segenap pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Papua Barat, pembukaan secara virtual ini digelar di salah satu hotel di Manokwari.

Sedianya MTQ tingkat provinsi Papua Barat dilaksanakan di kabupaten Sorong Selatan, namun dengan pertimbangan keselamatan umat sehingga dibatalkan. Dan dikembalikan kepada LPTQ Provinsi Papua Barat, untuk melaksanakannya secara virtual.

Gubernur Dominggus Mandacan ketika membuka MTQ ke VIII Provinsi Papua Barat

Seluruh pesrta terhubung melalui vidcon, peserta baik di Manokwari serta kabupaten dan kota lainnya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ajang 2 tahunan kali ini tidak ada pelaksanaan defile kafilah, para kafilah dari kab/kota hanya turut tersambung melalui virtual yang kemudian disapa satu persatu oleh gubernur.

Begitupun dengan peserta yang mengikuti cabang lomba nantinya, hanya melalui virtual di daerah masing-masing.

Adapun 11 kafilah yang menjadi peserta MTQ Papua Barat ke VIII yakni, kabupaten Manokwari Selatan, Sorong, Fakfak, Kaimana, Bintuni, Manokwari, Raja Ampat, Tambrauw, Teluk Wondama, Sorong Selatan, Maybrat dan Kota Sorong.

Kata Gubernur Domingus Mandacan, MTQ merupakan momentum untuk meningkatkan kapabilitas sekaligus membumikan Al-Quran di Papua Barat, meski harus dilaksanakan dengan keterbatasan.

“Adanya wabah Covid-19 bukan menjadi hambatan penyelenggaraan MTQ. Tahun ini kita laksanakan, namun tidak mengurangi hikmah pelaksanaan MTQ di Papua Barat,” ujar gubernur.

Lebih lanjut, gubernur mengharapkan ajang MTQ kali ini juga dapat lebih meningkatkan ketaqwaan.

Lihat juga  Pemprov Papua Barat Gelar Musrenbangsus ke-2, Dominggus Mandacan: Momentum Penting dan Strategis

“Marilah kita menjadikan MTQ ini sebagai ajang untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” harapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Sudirman Simanihuruk berharap, meskipun dalam situasi pandemi dan harus melaksanakan MTQ secara virtual, namun kondisi ini tidak mengurangi hikmah dan makna pelaksanaan MTQ.

MTQ Papua Barat akan dilaksanakan selama 6 hari, dimulai pada 31 Agustus hingga 5 September 2020 mendantang, seluruh cabang lomba dilaksanakan virtual dari masing-masing kabupaten/kota.

MTQ ke VIII Papua Barat juga sebagai ajang seleksi menuju MTQ tingkat nasional ke-28 yang akan dilaksanakan di Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat.

Terpisah, Kafilah LPTQ kabupaten Manokwari yang mengikutkan 40 peserta, mengikuti pembukaan MTQ Papua Barat secara virtual langsung dari Sekretariat LPTQ Manokwari yang berada di Jalan Reremi, Komplek KPR. (TRI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed