oleh

Momentum HLN ke 76, PLN Manokwari kumpulkan puluhan kantong darah

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Sebanyak 23 kantong darah berhasil dikumpulkan melalui kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari, Senin (18/10/2021). Aksi kemanusiaan ini masih merupakan rangkaian perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-76.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama PLN dengan PMI Kabupaten Manokwari dan melibatkan peserta dari Manager dan pegawai PLN, manajemen pegawai PLN Group, serta Tenaga ALih Daya turut ambil bagian dalam aksi kemanusiaan ini.Puluhan kantong darah yang terkumpul akan disimpan di UTD PMI.

Manager PLN UP3 Manokwari Roberth Rumsaur mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen PLN untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

“HLN seyogyanya tidak kita rayakan hanya dengan acara-acara seremonial ataupun perlombaan saja, namun ini menjadi refleksi dan kewajiban bagi PLN untuk terlibat juga dalam kegiatan-kegiatan sosial yang berdampak positif bagi masyarakat,” kata Rumsaur.

“Meningat bahwa kebutuhan darah merupakan salah satu hal penting yang dapat membantu banyak jiwa, namun ketersediaan darah yang sering kali terbatas menjadi salah satu penghambat ketika terjadi sesuatu, seperti bencana non alam pandemi Covid-19,” sambug Roberth.

Administrator Unit Transfusi Darah PMI Abdullah Patty mengatakan, kebutuhan darah di Manokwari mencapai 1.500 kantong per bulan. Patty menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan donor darah yang diselengarakan oleh PLN UP3 Manokwari.

“Warga sebagai pendonor bisa langsung ke PMI atau seperti yang dilakukan PLN menggelar donor darah dapat langsung menghubungi PMI atau bisa juga datang ke Unit Transfusi Darah PMI Manokwari,” kata Patty.

Patty berharap, kerja sama ini ke depan bisa terus terjalin dan jumlah pendonor pada kegiatan berikutnya dapat bertambah.

Salah seorang pendonor, Hasan Maulana mengaku rutin mendonorkan darahnya, namun sejak ada pandemi dirinya takut dan untuk melakukan donor darah karena rasa khawatir yang besar. Akan tetapi setelah mendapat penjelasan dari PMI, ia mau mengikuti kegiatan donor darah lantaran sudah merasa aman dan nyaman.

“Sangat aman dan nyaman kegiatan donor darah kali ini, selain untuk kesehatan, saya juga ikut mendonor karena untuk membantu sesama yang membutuhkan darah,” ujar Hasan. (*/PK-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed