Beranda Parlemen Agenda Pencalonan 2019, Robert Manibuy: Waktu Tersita Banyak Diluar

Agenda Pencalonan 2019, Robert Manibuy: Waktu Tersita Banyak Diluar

3022
0
Robert Manibuy
Wakil Ketua DPR PB, Robert Manibuy dan Anggota DPR PB dari fraksi Otsus, Sahaji Refideso. Foto : RBM/PKT

MANOKWARI, Papuakita.com – Wakil Ketua DPR Papua Barat, Robert Manibuy tak menampik jika tahun 2019 adalah tahun dimana anggota dewan terutama yang mencalonkan diri kembali akan disibukan dengan proses pendaftaran sebagai bakal calon anggota legislatif.

“Kita tahu bahwa di penghujung ini adalah tahun politik, anggota dewan yang akan mencalonkan diri kembali akan disibukan, waktunya tersita banyak diluar. Sebagai pimpinan, saya anjurkan bagaimana pun kesibukannya kita harus taat pada lembaga ini, lebih mengutamakan kepentingan lembaga ini,” kata Robert Manibuy.

Menurut Robert, dalam menyiapkan administrasi pencalonan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. “Kalau proses sudah selesai ya, kita harus tahu. Kita punya konstituen tetapi kita berada di lembaga ini untuk konstituen juga,” ujar politikus PDI Perjuangan ini diplomatis.

Terpisah, Anggota DPR Papua Barat dari jalur pengangkatan, Sahaji Refideso mengatakan, agenda dewan telah ditetapkan dalam jadwal tahunan. Meski masih tentatif tetapi agenda tersebut tidak bisa dibenturkan dengan agenda lain. Misalnya, pencalonan legislatif.

“Kita sudah masuk dalam momentum pemilihan umum tentu akan menguras konsentrasi para caleg, terutama anggota DPR Papua Barat periode ini dari partai politik yang mungkin mau maju lagi. Bisa dibayangkan, mereka sekarang konsentrasinya bagaimana, harus ditetapkan sampai menjadi calon tetap. Setelah itu, mereka sudah masuk dalam pertarungan. Saya punya analisa 90 persen mereka akan lebih konsentrasi di pemilu akan datang,” ujarnya.

Dia mengatakan, sejumlah tugas dan kewenangan di dewan akan berjalan tidak maksimal dengan kondisi seperti itu. Padahal terdapat beberapa agenda prioritas, seperti pembahasan raperdasus tentang pembagian dan pengelolaan dana Otsus dan perdasus 90 : 10 persen, raperdasus tentang perubahan perdasus nomor 16/2013 tentang keanggotaan DPR PB yang ditetapkan melalui jalur pengangkatan.

“Ini dua raperdasus yang sekarang ini sudah dalam proses pra pembahasan. Juga pembahasan sejumlah raperda yang masuk dalam propemperda 2018. Ini agenda urgen, tidak ada alasan bagi anggota dewan tidak konsen di bagian ini,” tegas dia.

Sahaji menambahkan, masa kerja efektif anggota DPR PB (2014-2019) tersisa sekira 1,3  tahun lagi. Dengan agenda pencalonan legislatif dikhawatirkan sedikit sekali  anggota dewan yang akan melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal.

“Harapan saya, sekalipun konsentrasi mereka ke sana tetapi harus melakukan tugas-tugas seperti biasa. Saya yakin kondisinya akan kita hadapi seperti itu tidak seperti tahun-tahun diawal,” ujar Sahaji lagi. (RBM/R1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here