Beranda Kaimana Bertemu Pemda Kaimana, PIPA akan Bangun Air Bersih di Lobo dan Urisa

Bertemu Pemda Kaimana, PIPA akan Bangun Air Bersih di Lobo dan Urisa

641
0
PT PIPA
Suasana pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati antara Wakil Bupati, sejumlah pimpinan OPD dengan PT PIPA dengan lembaga donor asal Perancis terkait pembangunan fasilitas air bersih di di Kampung Lobo Distrik Kaimana dan Kampung Urisa Distrik Teluk Arguni, Kabupaten Kaimana. Foto : AWI/PKT

KAIMANA, Papuakita.com- PT Pran Indo Permata Abadi (PIPA) dengan lembaga donor dari Perancis akan membangun fasilitas air bersih untuk kebutuhan masyarakat di Kampung Lobo Distrik Kaimana dan Kampung Urisa Distrik Teluk Arguni.

Menindaklanjuti hasil survey yang telah dilaksanakan pada Tahun 2014 bersama sejumlah peneliti, Rabu (30/5/2018), tim yang dipimpin Mr. Didier Perez, General Director PIPA tiba di Kaimana untuk membahas rencana lanjutan pembanguan air bersih.

PIPA
Wakil Bupati Ismail Sirfefa bersalaman dengan perwakilan donatur asal Perancis terkait pembangunan fasilitas air bersih di Kabupaten Kaimana. Foto : AWI/PKT

Kedatangan tim disambut resmi Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa didampingi Asisten II Martinus Furima dan sejumlah Pimpinan OPD. Turut serta mendampingi General Director Didier Perez, Konsultan Olivier Faustini dan Koordinator Lapangan Mrs. Oceane.

Dalam pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati, Olivier Faustini jelaskan, dari hasil survey yang dilakukan pada tahun 2014, potensi mata air pada dua kampung ini, layak untuk dikelola dan disalurkan hingga ke rumah-rumah warga, sesuai permintaan masyarakat sendiri.

“Pada tahun 2014 kami sudah lakukan penelitian dan studi kelayakan dengan sejumlah tim peneliti. Hasilnya, sumber mata air pada dua wilayah ini cukup potensial untuk disalurkan sampai ke rumah warga. Pada saat kami melakukan sosialisasi juga masyarakat sangat menginginkan agar layanan air bersih bisa sampai ke rumah,” ujar wanita asal Perancis ini.

Di tempat yang sama, Wabup Ismail Sirfefa mewakili Pemerintah Kabupaten Kaimana menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada tim asal Perancis yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Kaimana, melalui penyediaan fasilitas air bersih terutama di Kampung Lobo dan Urisa.

Ia berharap, Lobo dan Urisa akan menjadi pilot project pengelolaan air bersih secara professional, dengan dukungan peralatan yang canggih.  “Terima kasih kepada tim dari Perancis yang sudah berupaya mencari dana dalam rangka menjawab kebutuhan air bersih masyarakat Kaimana terutama Kampung Lobo dan Urisa,” ungkap Wabup.

Lebih jauh orang nomor dua lingkup Pemkab Kaimana ini mengajak masyarakat dua kampung dan sekitarnya yang menjadi sasaran program air bersih, agar memberikan dukungan penuh bagi suksesnya pelaksanaan proyek pembangunan air bersih. Juga kepada OPD terkait, Wabup meminta agar lebih pro aktif dalam mendukung program ini. (AWI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.