by

Pemprov Papua Barat Maksimalkan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berpesan, agar seluruh elemen dalam Tim Kesiapsiagaan Pencegahan virus corona (Ccovid-19) Provinsi Papua Barat dapat bekerja maksimal sesuai dengan perannya masing-masing. Pesan gubernur ini disampaikan pada Rapat Koordinasi Antisipasi Covid-19, di salah satu hotel di Manokwari, Selasa (10/3/2020).

Gubernur Dominggus Mandacan juga memerintahkan untuk perbanyak sosialisasi pencegahan di setiap tempat, dengan memperbanyak informasi diharpakan masyarakat dapat lebih membentengi diri, selain itu dengan sosialisasi bisa mengurangi kepanikan masyarakat.

“Sosialisasi pencegahan harus terus dilaksanakam dalam setiap kesempatan, segera diedarkan di tempat umum. Sehingga banyak orang tahu dan bisa bentengi diri. Saya juga meminta dukungan berbagai pihak agar ikut berpartisipasi,” ucap gubernur.

Dengan adanya peran semua pihak diharapkan virus Corona tidak hadir di Papua Barat. Gubernur menekankan salah satu hal terpenting, masyarakat jangan sampai dilanda kepanikan berlebihan tetap beraktivitas seperti biasa.

Ketua DPR Provinsi Papua Barat Orgenes Wonggor menyatakan, siap membantu pemerintah dalam percepatan alokasi anggaran untuk penanganan virus corona.

“Terkait dengan penyebaran Virus korona ini, kita dalam kondisi yang tidak dapat diprediksi. Sehingga jika terkait dengan kebutuhan anggaran baik itu mendahului atau pun terencana untuk kepentingan masyarakat Papua Barat. Mekanisme di DPR dapat dipercepat untuk antisipasinya,” kata Wonggor.

Anggaran dibutuhkan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat, berupa Baliho, iklan layanan masyarakat, serta sosialisasi. Diharapkan dengan informasi yang tepat, Papua Barat dapat terhindar dari ancaman virus corona.

Dalam pertemuan tersebut juga disinggung terkait dengan antisipasi kemungkinan terburuk, yakni penggunaan rumah sakit yang akan ditunjuk untuk penanganan khusus pasien terinveksi virus corona. Hal ini terkait dengan peralatan, dokter, serta obat-obatan yang wajib delengkapi sehingga membutuhkan anggaran yang segera.

Lihat juga  Pertamina jamin stok BBM dalam kondisi aman di Merauke

Pertemuan yang melibatkan berbagai pihak tersebut, juga telah dibentuk tim pencegahan dan penanganan Covid-19. Tim ini diketuai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Derek Ampnir. (TRI)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *