Beranda Teluk Bintuni Gubernur Dominggus Mandacan: PEDA IV KTNA Bintuni Wadah Berbagi Informasi dan Inovasi

Gubernur Dominggus Mandacan: PEDA IV KTNA Bintuni Wadah Berbagi Informasi dan Inovasi

161
0
PEDA IV KTNA
Gubernur Dominggus Mandacan ketika membuka Pekan Daerah IV Kontak Tani dan Nelayan Andalan (PEDA KTNA) Provinsi Papua Barat, yang digelar di Kabupaten Teluk Bintuni 21-26 Juli 2019. Foto : Istimewa

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Pekan Daerah IV Kontak Tani dan Nelayan Andalan (PEDA KTNA) Provinsi Papua Barat, yang digelar di Kabupaten Teluk Bintuni diharapkan menjadi wadah berbagai informasi dan inovasi pembangunan di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, dan nelayan.

Hal itu disampaikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan ketika membuka PEDA IV KTNA tingkat provinsi Papua Barat, Minggu (21/7/2019). Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 21-26 Juli ke depan, dan dijadwalkan perwakilan dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat ikut dalam kegiatan tersebut.

Gubernur Dominggus Mandacan berharap pelaksanaan PEDA KTNA Papua Barat sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh provinsi Papua Barat, harus mendukung program pemerintah daerah dalam upaya menyejahterakan masyarakat melalui sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan kelautan.

“Saat ini upaya yang dilakukan dalah perluasan lahan pertanian, melestarikan sumber daya perikanan, penerapan teknologi budi daya ramah lingkungan, menyiapkan sarana pertanian dan kelautan, promosi komoditas lokal laut, pengembangan ternak sebagai sumber protein, dan managemen konsumen,” kata gubernur.

Menurut Gubernur Dominggus Mandacan, melalui visi pembangunan aman, sejahtera dan bermartabat, yang dijabarkan dalam beberapa agenda yang terkait langsung dengan sejumlah sektor dalam upaya penanggulangan kemisikinan dan pemanfaatan sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat.

PEDA IV KTNA

“Dalam lomba yang melibatkan kelompok tani dan nelayan se- Papua Barat, saya mengharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dan mendemonstrasikan pengalaman dalam pengembangan pertanian di daerahnya masing-masing,” ujar gubernur.

Diketahui, dari 12 kabupaten dan satu kota peserta PEDA KTNA pada deville kontingen belum dihadiri oleh kabupaten Raja Ampat, Maybrat, Sorong, Sorong Selatan, Kota Sorong, Kaimana, dan Pegunungan Arfak.

Sementara itu, peserta yang telah hadir di kabupaten Teluk Bintuni, yakni kabupaten Manokwari, Teluk Wondama, Fakfak, Tambrauw, Teluk Bintuni dan delegasi KTNA provinsi Papua Barat.

Kepala Dinas Pertanian orovinsi Papua Barat Yakob Fonataba mengatakan, pelaksanaan PEDA IV KTNA Papua Barat, bertujuan untuk mengetahui dan saling mengenal tani dan nelayan se- provinsi Papua Barat. Dalam hal bertukar pengalaman dan informasi menyangkut perkembangan di sejumlah bidang strategis tersebut.

“Manfaat lain dari PEDA KTNA, untuk membangun konektivitas pemasaran dari tempat produksi yang selama ini sering menjadi kendala petani dan nelayan, serta mempersiapkan diri pada pekan nasional KTNA yang akan dilaksanakan di Kota Padang, Sumatra Barat pada 20-25 Juni 2022,” jelas Fonataba.

Pelaksanaan PEDA IV KTNA Teluk Bintuni diawali dengan penyerahan pataka dan piala bergilir gubernur Papua Barat dari Bupati Fakfak Uswanas selaku penyelenggara sebelumnya kepada Bupati Teluk Bintuni Pieter Kasihiuw. (MR3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here