by

Anggota Koramil 1801-05 Wasior Diingatkan Tingkatkan Toleransi

MANOKWARI, PAPUAKITA.COM—Pentingnya menjaga toleransi antarumat bergama supaya keamanan di wilayah teritorial Koramil (Komando Rayon Militer) terjaga dan kondusif. Toleransi yang terjaga juga dapat meningkatkan perekonomian daerah serta stabilitas keamanan di daerah.

Demikian pernyataan ini disampaikan Dandim 1801- Manokwari, Kolonel Inf J. Lumban Toruan S.Sos., M.Si ketika melakukan kunjungan kerja ke Koramil 1801-05-Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Senin (16/9/2019).

“Saya mengajak anggota yang di wilayah satuan teritorial untuk menjadi tauladan di wilayah binaan masing-masing guna meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kita khususnya TNI-AD yang mana saat ini sudah melaksanakan program-program kerja di kewilayahan,” demikian Dandim Lumban Toruan melalui keterengan tertulis.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim Lumban Toruan juga melaksanakan tatap muka bersama anggota Koramil, Persit Ranting 08-Wasior, anggota Satgas BKO Kodim persiapan Teluk Wondama dan Satgas Pam Rahwan Yonif 762 RK/VYS.

Dandim Lumban Toruan, berpesan kepada prajuritnya untuk dapat memanfaatkan waktu seefektif mungkin sehingga waktu yang ada tidak hilang dengan sia-sia.

Dirinya juga mengapresiasi kinerja Babinsa dan Satgas yang telah menjaga keamanan di wilayah ini, karena beberapa waktu lalu sejumlah daerah terjadi demonstrasi akibat dari protes rasisme dan persekusi terhadap mahasiswa papua di sejumlah daerah di Pulau Jawa.

“Di Wasior sama sekali tidak ada saya dengar ada gejolak atau pun pergerakan massa yang besar. Berarti babinsa di wilayah berhasil membina masyarakatnya di wilayah masing-masing,” jelasnya.

“Saya harap para babinsa untuk menguasai lima kemampuan teritorial serta dapat meningkatkan pengabdiannya kepada masyarakat Teluk Wondama,” sambungnya.

Dandim Lumban Toruan juga menekankan prajuritnya, untuk selalu melaksanakan tugasnya sesuai tupoksi, harus independen. Mengingat pesta demokrasi pemilihan kepala daerah kabupaten Teluk Wondama berlangsung pada tahun 2020 mendatang.

Lihat juga  PLN serahkan bantuan TJSL senilai ratusan juta ke Gereja St. Laurentius, Wasior

“Saya berharap anggota untuk selalu menjaga netralitas TNI guna menunjukkan bahwa TNI-AD khususnya benar-benar netral dan profesional dalam mengamankan pemilu ke depannya,” ujarnya.

Hadir dalam kunjungan kerja tersebut Danramil 1801-05 Wasior, Mayor Inf. Andri, S.E, Dansatgas BKO Kodim persiapan Teluk Wondama, Kapt Cku. Bambang S.Sos, M.M, Danpos Satgas Pam Rahwan Yonif 762 RK VYS, Sertu Laode. (*/RBM)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *