by

Disbudpar Papua Barat gelar pelatihan pengelolaan desa wisata

MANOKWARI, PAPUAKITA.comDinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Papua Barat menggelar pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Kampung Sowi Empat, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari. Kegiatan dilakukan dengan bersinergi serta berkolaborasi, berlangsung Sabtu (28/8/2021).

Data yang diterima PAPUAKITA.com, Ahad (29/8/2021) pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Disbudpar, Yusak Wabia. Acara pelatihan dimoderatori oleh Sekretaris Dinas, Ruland Sarwom. Ini mendapat antusias warga terkait kegiatan dilaksanakan.

Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Kampung Mansinam. Foto : Dok. PAPUAKITA.com

Pelatihan ini menghadirkan narasumber, Husen Hutagalung, dosen STP Trisakti dan Founder Masyarakat Berkarakter Foundation. Ia menyampaikan, materi tentang peningkatan kapasitas pariwisata masyarakat, pembentukkan kampung wisata dan sadar wisata.

Pihak dinas berharap, pelatihan itu dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat di Sowi Empat dalam mengelola desa sebagai tempat wisata.

“Dalam beberapa dekade terpilih pemimpin ke pimpinan pemerintah daerah serta anggota DPRD pada wilayah daerah pemilihannya harus memperhatikan masyarakat setempat. Jangan hanya ketika deklarasi-deklarasi baru datang kepada masyarakat,” ujar Sarwom.

Diketahui, pelatihan serupa juga telah dilaksanakan bagi masyarakat kampung Mansinam. Dengan begitu diharapkan, pelatihan pengelolaan desa wisata tersebut menjadi cikal bakal kemandirian warga dalam mengelola kampung menuju Kampung Wisata.

Melalui pelatihan-pelatihan serupa, juga menjadi wadah pembentukkan komunitas-komunitas Sadar Wisata. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya di Manokwari. Tetapi menjadi program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat di semua kabupaten/kota. (*/ARF)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *