Internasional Surfing Competicion bakal digelar tiap tahun di Papua Barat

MANOKWARI, PAPUAKITA.com—Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen dalam mendukung olahraga surfing di daerah ini. Hal itu diwujudkan melalui event internasional surfing competicion (kompetisi surfing internasional) yang akan digelar tiap tahun.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yakobus Basongan mengatakan, kegiatan internasional surfing menjadi suatu program yang strategis dalam pengembangan potensi wisata di Papua Barat.

 

“Kegiatan surfing internasional di Papua Barat tepatnya di Kabupaten Manokwari direncanakan akan dilaksanakan setiap tahun. Maka dari itu setiap tahunnya kami akan mengalokasikan dana untuk kegiatan tersebut, mulai dari tahun ini,” ujar Basongan.

Dengan kegiatan tersebut, Basongan berharap, akan berdampak pada kunjungan pariwisata ke kota Manokwari. “Tentunya dengan kegiatan tersebut juga akan ada pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Guna menyukseskan pelaksanaan kegiatan surfing tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) provinsi Papua Barat berkunjung ke Provinsi Bali, dan menjajaki kerja sama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) dan Asian Surfing Championships (ASC).

Anggi Yuhista Wakil Sekretaris Jenderal 1 PSOI dan ASC menyampaikan, harapannya dari kerja sama yang terjalin ini kita bisa mendatangkan wisatawan ke Papua Barat

“Tentunya dengan adanya kerja sama ini mewujudkan sebuah event berskala internasional yang tentunya event tersebut bukan hanya sekali saja namun secara kontinyu selama 5 tahun ke depan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga kabupaten Manokwari Immanuel H. Pangaribuan mengatakan, kegiatan internasional tersebut potensial bagi pengembangan pariwisata Manokwari.

“Para peselancar ini datang dari berbagai tempat baik itu lokal terutama internasional, mereka datang bersama crew. Kami berharap kegiatan ini mendatang orang banyak selain untuk serfing namun juga untuk berwisata di Papua Barat,” ujarnya.

Lihat juga  Dinas PUPR Laporkan 283 Paket Pekerjaan ke ULP

Tim Hain Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Luar Negri  PSOI dan ASC mengungkap, pengalamannya saat berkunjung ke Manokwari.

“Saya sudah pernah ke Manokwari, sungguh luar biasa. Saat itu saya membawa beberapa peselancar mereka sangat antusias. Manokwari sangat berpotensi, ombaknya bagus Manokwari sangat berpotensi sekali dalam dunia surfing,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *