by

Kang Emil undang pemuda Kampung Yoboi belajar wisata dan industri kreatif di Bandung

JAYAPURA, PAPUAKITA.com—Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil tertarik dan memuji pemuda Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura atas ide kreatif yang berhasil menjadikan hutan atau dusun sagu menjadi wisata alam dan edukasi.

Ketertarikan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, itu diutarakan saat melakukan kunjungan ke kampung Yoboi, Sabtu (2/10/2021). Kesempatan berkujung ke kampung Yoboi—kampung wisata binaan Pertamina Patra Niaga Jayapura, dilakukan Kang Emil bersama ikatan alumni Bandung di Jayapura. Ia berada di Jayapura dalam rangkaian menghadiri pembukaan PON XX.

“Ide kampung wisata ini sudah sangat bagus dan menarik sehingga harus dipertahankan dan ditingkatkan agar jumlah pengunjung semakin bertambah,” kata Ridwan Kamil di sela diskusi bersama pemuda kampung Yoboi.

Dalam kesempatan membangun diskusi dengan kelompok pemuda penggerak kampung wisata dan warga terkait pengembangan wisata berbasis kampung, Kang Emil langsung mengundang 5 pemuda untuk datang dan belajar management wisata dan industri kreatif di Bandung dengan biaya dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemuda penggagas dan penggerak kampung wisata Yoboi, Billy Tokoro menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan gubernur Jawa Barat—difasilitasi paguyuban Pasundan di Papua, Pertamina dan Ikatan Alumni Bandung.

Ketua Ikatan Alumni Bandung di Papua Nikolas Jouwe menjelaskan, ikatan alumni Bandung sebagai wadah intelektual orang Papua yang pernah menimba ilmu di Kota Bandung dan Jawa Barat.

Di samping mengaplikasi ilmu yang didapat saat sekolah di Bandung pada instansi atau kegiatan masing-masing, namun juga berniat untuk mendorong peningkatan kapasitas masyarakat di tanah Papua.

“Kami terpanggil juga untuk secara bersama-sama membagikan apa yang kami miliki secara keilmuan untuk dibagi kepada adik-adik dan warga di kampung Yoboi. Warga kampung begitu kreatif dan mempolulerkan kampungnya agar bisa maju seperti kampung-kampung lain di luar Papua yang sudah maju,” ungkap Nikolas Jouwe.

Lihat juga  Regulasi dan Anggaran Belum Berpihak terhadap Sektor Pariwisata Papua Barat

Edi Mangun Area Manager Communication Relations dan CSR Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Papua Maluku dalam kesempatan yang sama turut menyerahkan bantuan voucher BBK (bahan bakar khusus) Pertalite dan Pertamax senilai Rp5.250.000

Kata Edi Mangun, bantuan voucher ini sebagai support bagi kampung Yoboi yang saat ini berada pada tahap penilaian menuju 10 besar kampung wisata terbaik di Indonesia 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Selain bantuan Voucher BBK dari Pertamina, pada kunjungan tersebut Kang Emil juga menyerahkan bantuan dana Rp100 juta kepada panitia pembangunan gereja di kampung Yoboi.

“Kami berharap dengan support BBK para pengunjung dapat menikmati potongan harga (diskon) tarif angkutan danau dari dermaga Yahim menuju kampung Yoboi,” tutup Edi Mangun. (*/PK-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *