oleh

Puluhan Kader Pariwisata di Distrik Roon dibekali pengetahuan usaha homestay

MANOKWARI, PAPUAKITA.comSebanyak 40 kader pariwisata yang berasal dari 7 kampung di Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama dibekali pengetahuan usaha pengelolaan homestay.

Pelatihan itu diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Teluk Wondama selama 3 hari (31 Agutsus sampai 2 September) lalu, berlokasi di Kampung Niap.

Salah seorang Pemateri dari Universitas Papua, Yansen Saragih memberikan materi pelayanan prima dalam pengelolaan homestay, mengajarkan tentang pentingnya aspek pelayanan dalam pengelolaan homestay.

“Peserta dilatih untuk memiliki kemampuan dalam pelayanan dan pengelolaan usaha homestay agar siap menghadapi perkembangan pariwisata ke depannya,” ujar Yansen melalui keterangan tertulis yang diterima PAPUAKITA.com.

Sektor pariwisata merupakan salah satu unggulan kabupaten Teluk Wondama. Ini perlu didorong agar menjadi penghasil PAD, mengingat potensi wisata di kabupaten tersebut yang sangat kaya. Selain potensi wisata pesisir dan bawah lautnya, Teluk Wondama juga memiliki potensi wisata budaya dan tinggalan sejarah yang sangat istimewa.

“Pelatihan kali ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat lokal dalam memanfaatkan potensi wisata yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan. Salah satu cara meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut adalah melalui usaha akomodasi pariwisata berbasis masyarakat yakni usaha homestay,” kata Yansen.

Pemateri lain, Charles Roring yang juga seorang senior guide, mengajarkan tentang standar  homestay dan berbagi pengalaman kepada peserta. Materi lain terkait pelayanan dan pengelolaan homestay di era pandemi Covid-19 turut disampaikan oleh Alfa Ahoren.

Yansen menambahkan, materi terakhir tentang kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata di kabupaten Teluk Wondama disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sabari Christian Mambor S.Hut, sekaligus menutup kegiatan pelatihan pengelolaan usaha homestay. (*/ARF)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed